Kepala Basarnas Kaltim Melky

Basarnas Kaltim Terjunkan 27 Personil Bantu Evakuasi Korban Gempa di Sulbar

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Menindaklanjuti arahan Pusat, Basarnas Kaltim menerjunkan 27 personil dan peralatan untuk membantu evakuasi korban gempa susulan yang terjadi di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, dinihari. Tim diberangkatkan, Jumat pagi melalui pelabuhan Somber menuju Sulbar.

“Dapat kami laporkan dukungan operasi gempa yang ada di Mamuju jadi sesuai arahan Pusat untuk itu kami gerakkan personil dan alut yang kami miliki,” kata Kepala Basarnas Kaltim Melky, Jumat (15/01/2021).

“Personil yang kami libat 27 orang, terdiri dari rescue 15 orang dan ABK 12 orang,”

Berbagai peralatan yang dibawa untuk mendukung operasi evakuasi korban  gempa. Mulai dari tenda hingga penerangan. “Alut yang kami libatkan yaitu pertama peralatan elektrifikasi, peralatan pendukung operasi lain” ujarnya.

“Untuk alut kapal juga kami libatkan dalam pelaksanaan operasi SAR, tenda dan alat penerangan juga kami siapkan, baik tenda pleton yang dimiliki Basarnas Balikpapan serta tenda posko yang akan kami gelar disana,”

Kata dia, setelah tiba di Mamuju, tim yang dipimpin Kepala Seksi Operasi Basarnas Kaltim Oktavianto akan langsung berkoordinasi dengan Basarnas Mamuju terkait teknis evakuasi maupun bantuan di lapangan.

“Yang pertama pada saat kami tiba kebetulan yang ikut membawa tim ini adalah Kasi Operasi nanti dia berkoordinir dengan kepala Kantor SAR Mamuju masalah teknis di lapangan nanti nanti kami serahkan kepada kepala SAR disana,” jelasnya.

Dia menambahkan, selama 7 hari personil Basarnas Kaltim akan membantu operasi evakuasi warga korban gempa. “Lama operasi sesuai SOP itu 7 hari dan kami tunggu arahan Pusat kembali untuk selanjutnya,” tukasnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Hari Minggu Dimulai Vaksinasi untuk Lansia di Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan akan mulai menggelar vaksinasi untuk lanjut usia (lansia) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.