Home / iniFLASH / Cafe Demokrasi di Halaman Kantor KPU: Ngopi Gratis Sambil Bincang Politik Pilkada
Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha

Cafe Demokrasi di Halaman Kantor KPU: Ngopi Gratis Sambil Bincang Politik Pilkada

BALIKPAPAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan membuat terobosan guna meningkatkan pemahaman masyarakat seputar Pilkada pada tahun politik 2020 ini. Satu inovasi yang segera dihadirkan adalah mendirikan Cafe Demokrasi.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan Cafe Demokrasi mengambil tempat halaman Kantor KPU yang saat ini terdapat tenda logistik. Tenda tersebut dalam waktu dekat akan diturunkan dan dirubah menjadi cafe.

“Cafe Demokrasi ini akan berkonsep kafe yang nyaman seperti coffee shop pada umumnya. Nanti disana kita akan adakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat Seputar Pemilu dan Pilkada,” ujar Noor Thoha.

Kata Noor Thoha menjelaskan setelah Cafe Demokrasi resmi dibuka, pihaknya akan rutin menggelar sosialisasi di tempat tersebut. Tahap awal, pihaknya akan mengundang komunitas pecinta otomotif seperti Vespa Classic. Selanjutnya sosialisasi kepada komunitas lainnya.

Noor Thoha juga mengatakan KPU Kota Balikpapan akan menyediakan kopi gratis bagi para pengunjung. Untuk menyemarakkan suasana Kafe, pihaknya juga siapkan panggung bagi para musisi atau band yang ingin tampil.

“Kita agendakan setidaknya satu bulan sekali sosialisasi ke masyarakat. Nanti bisa juga bentuknya seperti Forum Group Discussion (FGD). Lalu bisa tanya jawab. Tahap awal kita undang komunitas, seperti pecinta otomotif. Sasarannya adalah semua lapisan masyarakat,” kata Thoha.

Noor Thoha berharap terobosan sosialisasi yang dilakukan oleh KPU Balikpapan tersebut mampu meningkatkan partisipasi pemilih di Pilkada 2020 dari berbagai kalangan. Sebab sudah menjadi tugas KPU dan tanggungjawab KPU agar pesta demokrasi berjalan lancar baik dari pelaksanaan maupun tingkat partisipasi pemilih.

“Sebenarnya tingkat partisipasi pemilih Indonesia mulai naik, kita lihat saat Pilpres 2019. Tapi KPU sebagai penyelenggara Pemilu ingin tetap meningkatkan partisipasi pemilih melebihi dari targetnya,” ujarnya menekankan.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Update 9 Agustus 2020 : Bertambah 53 Kasus Positif Covid-19 di Kaltim, 4 Kasus Meninggal

SAMARINDA, Inibalikpapan.com – Kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kaltim masih terus bertambah hingga hari ini. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.