Purwanto

Cara Rumah Sakit Kanudjoso Mempercepat Penyembuhan Pasien Covid-19

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Rumah sakit Kanudjoso Djatiwibowo Balikpapan memiliki cara sendiri untuk mempercepat pasien covid-19 yang dirawat agar cepat sembuh dan pulang, berkumpul bersama keluarga.

Pasalnya, pasien covid-19 rata-rata cenderung tertekan dan cepat stress, akibat terlalu lama menjalani perawatan di rumah sakit. Salah satu yang dianggap paling efektif yakni memberikan edukasi dan hiburan.

“Karena emosinya dia gak stabil, stressnya tinggi,” ujar kabid Keperawatan Rumah Sakit Kanudjoso Djatiwibowo Balikpapan Purwanto.

Pihak rumah sakit bahkan secara rutin 4 kali dalam seminggu memberikan refresing kepada para pasien covid-19. “Seminggu ada 4 kali refresing, hari selasa, rabu jumat dan minggu. Juga olahraga, kita juga rutin,” katanya.

Apalagi kata dia, bagi pasien yang usia lanjut, sangat rentan dengan penyakit penyerta sehingga membuat lama dirawat. “Biasanya diatas usia 50 tahun, karena usia juga berpengaruh lama dirawat,” ucapnya.

Disamping itu juga ketersediaan fasilitas laboratorium PCR (polymerase chain reaction) untuk mendeteksi seseorang terinvesksi covid-19 atau tidak. “Rata-rata dirawat 2 minggu, sejak ada PCR nya,” ujarnya.

Salah satu yang cepat proses penyembuhannya Edison dari Klaster HKBP hanya dua pekan dirawat dan sudah dinyatakan sembuh dan pulang, Sabtu (30/05) pagi. “Pak Edison ini kan cepat, gak lama nunggunya,” ujarnya.

Kata dia, sebelumnya pasien harus menunggu hingga 1 bulan lebih, baru bisa mengetahui dirinya dinyatakan sembuh. “Kemarin karena kita kirim ke Surabaya (sampel spesimen) makanya sampai 1 bulan,” tandasnya.

Dia menambahkan, untuk mengatasi lonjakkan pasien covid-19 di Balikpapan, rumah sakit Kanudjoso telah menambah 4 ruangan dengan kapasitas 80 tempat tidur. Khususnya disaat tengah dilakukan rapid test massal.

Baca juga ini :  50 Mesin Cuci Darah di Rumah Sakit Kanudjoso Telan Rp 150 Miliar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.