Andi Sri Juliarty

Distribusi Tenaga Kesehatan Di Balikpapan Belum Merata

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Tak bisa dipungkiri saat ini Kota Balikpapan masih membutuhkan distribusi tenaga kesehatan untuk di tempatkan disejumlah fasilitas kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarti menyampaikan, ketersediaan tenaga kesehatan di Kota Balikpapan belum mencukupi. Meski demikian distribusinya masih terkendala karena masih belum merata.

“Kalau kondisi tenaga kesehatan di kota Balikpapan secara jumlah sebenarnya mencukupi. Tapi distribusinya yang masalah, ada di rumah sakit satu cukup tapi di rumah sakit satunya kurang,” ujar Andi Sri Juliarty ketika diwawancarai wartawan, Senin (27/11/2023).

Meski bisa dikatakan mencukupi, lanjutnya, ketercukupannya itu hanya pada standar pelayanan minimal.

“Contoh di Puskesmas itu butuh jenis 9 tenaga, 9 jenis tenaga itu ada tapi jumlahnya itu hanya satu-satu, sedangkan jumlah warganya banyak. Seperti di Sepinggan itu membawahi tiga wilayah Kelurahan Sepinggan, Kelurahan Sepinggan Raya dan kelurahan Sepinggan Baru,” ucapnya.

Kalau melihat secara jenis tenaga itu mencukupi, tapi jumlahnya untuk mengcover warganya itu masih belum mencukupi. 

Sehingga dilakukan penambahan tenaga, salah satunya lewat jalur PPPK, lewat perpindahan wilayah kerja dan juga bantuan dari dokter-dokter intensif yang penempatan di kota Balikpapan. Sehingga pelayanan masih bisa berjalan

“Saat ini jumlah tenaga kesehatan yang ada di bawah Dinas kesehatan itu tercantum tercapai 1.025 termasuk tenaga PPPK,” tutupnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Pelajar Laporkan Mantan Pacar ke PPA Karena Sebarkan Video Hubungan Intim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.