Suryanto

DLH Targetkan Sampah Tahun Baru Sudah Bersih pada Rabu Pagi, Turunkan Tim URC

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com —- Lonjakan sampah bekas perayaan tahun baru diperkirakan terjadi salah satunya di lokasi lapangan Merdeka.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan telah menyiagakan dan mengerahkan anggotanya untuk mengangkut sampah sisa-sisa malam tahun baru yang diprediksi akan meningkat.

Ditargetkan hari pertama tahun 2020 (1/1/2020) pagi seluruh wilayah kota Balikpapan sudah bersih dan sisa-sisa sampah bekas perayaan.

Kepala DLH Suryato menyebutkan untuk malam tahun baru pihaknya sudah melakukan antisipasi sampah dadakan yakni mengerahkan semua pasukan termasuk Unit Reaksi Cepat yang dimiliki DLH Balikpapan.

“Kita dimalam tahun baru paginya sudah siapkan seluruh personel termasuk tim unit reaksi cepat. Kita  juga akan dikerahkan petugas penyapu dan armada untuk pengangkutan sampahnya, sehingga sampah tidak akan menumpuk hingga pagi hari,” ujarnya (31/12/2019).

“Kami juga sudah mengkosongkan TPS-TPS sampah di wilayah Baltim dengan mengerahkan tim selamat dan URC DLH yang didukung 4 unit truk dengan jumlah personil mencapai 48 orang,” ungkapnya.

Selain di Baltim yang menjadi lokasi wisata, titik lainnya yang menjadi perhatian DLH yakni jalan Jenderal Sudirman, Lapangan merdeka, Melawai, Bekapai, dan lapangan Foni.

Petugas DLH memulai kegiatan pembersihan secara serentak sejak pukul 00.30 Wita dan ditargetkan sebelum pukul 06.00 Wita seluruh sampah sudah ditangani.

“Ketika acara pergantian tahun selesai, petugas akan langsung bergerak menyisir lokasi. Petugas telah disiagakan sejak Selasa (31/12) sore,” tandasnya.

DLH  berharap sesaat acara puncak pergantian tahun usai PKL  bisa langsung merapikan dagangannya termasuk pengunjung yang memarkir kendaraannya di jalan dan kantong-kantong parkir segera meninggalkan lokasi sehingga petugas dapat melakukan kerja pembersihan sampah.

“Hal ini yang biasanya menghambat petugas dalam pembersihan. Kita telah berkordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk menertibkan parkir liar dan dengan Satpol PP serta Dinas Perdagangan untuk menertibkan PKL,” ujarnya.

Baca juga ini :  Nikmatnya Cita Rasa Emping Padi Pulut Khas Daerah Perbatasan

Pihaknya sudah  mengintruksikan seluruh petugas untuk melakukan penanganan kebersihan di setiap lokasi pergantian tahun di wilayahnya masing-masing.

“Tidak hanya di tempat-tempat berkumpulnya warga, setiap daerah yang biasanya menggelar perayaan, baik acara hiburan, istigosah, zikir akbar ataupun doa bersama. Semuanya harus diantisipasi penanganan kebersihannya,” ujarnya lagi.

Dia mengulas  pada senin kemarin, sampah yang masuk ke TPA Manggar jumlahnya sekitar 372.250 ton. “Mudah-mudahan pada malam tahun baru jumlahnya tidak mengalami peningkatan yang signifikan,” harapnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.