topindoku
Penandatanganan kerjasama produk digital antara Topindoku dengan Nobu Bank beberapa waktu lalu. (foto: ist)

Dorong Pertumbuhan UMKM Nasional, Topindoku Gandeng Nobu Bank Salurkan KUR dengan Cepat

PONTIANAK, Inibalikpapan.com – Upaya pemulihan ekonomi nasional terus digencarkan di tengah pandemi COVID-19 yang telah melanda sejak awal 2020 silam. Salah satu dampak akibat pandemi adalah terpukulnya UMKM, baik untuk bertahan maupun merencanakan ekspansi bisnis yang lebih besar.

Melihat permasalahan yang menimpa UMKM saat ini, Topindoku meluncurkan program “Langkah Segudang Peluang” untuk mengakselerasi pertumbuhan UMKM dengan memberikan kemudahan akses permodalan tambahan. Pada tanggal 29 Agustus 2022 di Hotel Golden Tulip Pontianak, Topindoku bersama Nobu Bank mengadakan acara seremonial untuk menandai awal mula kerjasama antara Topindoku dengan Nobu Bank dalam penyaluran KUR.

Pandemi COVID-19 sangat berdampak bagi sektor UMKM di Indonesia. Maka dari itu, Topindoku menyambut baik kolaborasi bersama Nobu Bank untuk berkontribusi secara aktif dan mendorong pelaku UMKM agar dapat bertahan dan tumbuh kembali dalam mendorong pelaku UMKM naik kelas di tengah situasi yang penuh tantangan saat ini. Komitmen tersebut sejalan dengan visi Topindoku untuk mendorong pertumbuhan usaha pelaku UMKM di seluruh wilayah di Tanah Air.

“Pengembangan penyaluran KUR melalui kerja sama dengan platform digital seperti Topindoku, merupakan langkah Nobu Bank dalam menyelaraskan dengan semangat digitalisasi layanan perbankan, dimana melalui aplikasi Topindoku, pelaku UMKM di dalam jaringan Topindoku dengan mudah mengakses permodalan untuk mengembangkan usahanya dengan suku bunga yang sangat ringan”, ujar Steve Marciano Joe selaku Head of Retail Banking Nobu Bank dalam merespon program kolaborasi bersama dengan Topindoku.

Topindoku berkolaborasi dengan Bank Nobu Bank mendukung upaya pemerintah dalam memperluas jangkauan penyaluran KUR sebagai upaya stimulus pemulihan ekonomi nasional. Kemudahan dan kecepatan proses pengajuan KUR kepada pelaku UMKM melalui aplikasi Topindoku dengan metode yang melalui skema digital lending yang telah terintegrasi dengan lembaga keuangan terkemuka di Indonesia.

Baca juga ini :  Daftar Sebagai Bakal Calon Kepala Daerah, Eddy Tarmo: Jika Dipercaya DPP, Siap Lepas DPRD

Fasilitas KUR yang diberikan mencapai Rp 100 juta dengan syarat pelaku usaha UMKM telah bergabung di Topindoku dengan lama usaha lebih dari 6 bulan berjalan. Pelaku usaha juga harus telah memenuhi ketentuan dan persyaratan kredit yang ditetapkan pada ketentuan pemerintah dan bank tentang KUR yang berlaku di Indonesia.

“Salah satu misi Topindoku adalah membantu pengusaha pemula untuk tumbuh dan berkembang. Fasilitas KUR yang di sediakan bekerjasama dengan Nobu Bank merupakan manifestasi dari misi kami. Kami harap fasilitas ini dapat bermanfaat khususnya untuk mitra UMKM binaan Topindoku untuk memperkuat dari sisi permodalan sehingga bisa bertahan di tengah situasi yang sulit, bahkan maju untuk terus meningkatkan skala usahanya” ujar Seiko Manito, selaku CEO Topindoku.

Program KUR kolaborasi Topindoku dan Nobu Bank juga diapresiasi positif oleh Gubernur Kalimantan Barat yang diwakili Bpk Drs.Ignasius Ik, SH. Msi, Asisten Perekonomian & Pembangunan Sekda Provinsi Kalimantan Barat. “Program ini diharapkan dapat memperluas kemitraan penyaluran KUR dengan berbagai pihak dalam rangka mendukung pelaku UMKM dan industri kreatif terus tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan”.

Topindoku sebagai platform solusi para pelaku usaha kecil dan menengah, telah memberikan kemudahan pembiayaan tambahan dengan cara kemudahan akses dalam catatan transaksi digital yang dapat digunakan untuk penilaian kredit dari lembaga keuangan. Topindoku bersama dengan Nobu Bank akan terus memperkuat akses terhadap layanan, kompetensi, kecepatan dan ketepatan proses, serta produk dan biaya layanan yang terjangkau dalam menyalurkan KUR kepada masyarakat.

Pada acara seremonial tersebut, Topindoku menyerahkan KUR secara simbolis kepada 2 agen terpilih untuk mendukung pertumbuhan usaha mitra Topindoku. Langkah awal tersebut diharapkan berdampak nyata terhadap pengembangan dan pemberdayaan usaha para agen yang telah bergabung dengan Topindoku.

Baca juga ini :  Gelandang Borneo FC Dipanggil TC Timnas Senior, Persiapan Kualifikasi Piala ASia

PT. Topindo Solusi Komunika perusahaan startup inovasi putra daerah dengan aplikasi Topindoku yang bergerak di bidang teknologi pembayaran, kini turut serta membawakan solusi kesempatan dan kemudahan kepada UMKM Kalimantan Barat mengakses permodalan KUR.

Tercatat telah memiliki 1 juta lebih user yang terdaftar dan ratusan ribu pengguna aktif setiap harinya. Topindoku merupakan perusahaan startup yang mengakomodir kebutuhan masyarakat dengan kemudahan pembayaran tagihan (bill payment) di seluruh bank terkemuka di Indonesia dan dukungan suplai kebutuhan barang bagi UMKM. Melalui #LangkahSegudangPeluang Topindoku memberikan kemudahan bagi para UMKM dengan menjual berbagai produk digital seperti Pulsa, PDAM, BPJS, PLN, Cicilan Finance dan masih banyak lagi.(*)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.