Dua Jam Berkobar, Sementara 12 Rumah Terbakar Di Gunung Bugis

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Setelah berjuang selama dua jam memadamkan api yang berkorbar besar di kawasan Gunung Bugis, di RT 37 Baru Ulu, Balikpapan Barat, Kamis Siang (17/6/2021), petugas BPBD kota Balikpapan dibantu sejumlah relawan saat ini tengah melakukan proses pendinginan.

Lokasi kebakaran tidak jauh dari lokasi kebakaran pertama pada 6 Juni lalu yang menghanguskan 21 rumah dan 10 rumah terdampak. Kali ini, Sementara ada sekitar 12 rumah terbakar.

Kepala BPBD Kota Balikpapan Suseno menyebutkan data sementara terdapat 12 rumah yang terbakar.

“Sementara datanya 12 rumah terbakar,” sebut Suseno.

Kabid Kedaruratan dan Pencegahan BPBD Kota Balikpapan Usman mengatakan, awal mula api belum bisa diketahui dari mana, tapi yang jelas api cepat membesae karena kondisi bangunan yang terbakar kebanyakan dari material kayu.

“Untuk data sementara rumah yang terdampak dan terbakar total tidak lebih dari sepuluh rumah, tapi juga belum tahu pasti ada beberapa kepala keluarga,” ujar Usman saat diwawancarai awak media.

Menurut Usman, kondisi akses jalan yang sempit dan banyaknya warga yang menonton membuat petugas sempat kemalahan, kondisi angin dan bahan yang mudah terbakar juga mempengaruhi petugas BPBD untuk bertugas, memang tadi sempat ada petugas yang kelelahan dan peri pada bagian mata karena asap yang pekat.

“Kami juga menurunkan 20 unit mobil pemadam, dibantu dengan mobil tangki dari PDAM dan mobil watercanon dari Brimob Polda Kaltim,” akunya.

Terlihat hingga saat ini perugas masih melakukan proses pendinginan, warga yang hanya sekedar menonton juga mulai berkurang.

Comments

comments

Baca juga ini :  Sekitar 60 Persen CHJ Balikpapan Kategori Lansia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.