Co Chair Y20 Indonesia Indra Dwi Prasetyo

Empat Isu Dibahas dalam Pre Summit Y20 di Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Empat Isu dibahas dalam Pre Summit  Y20 East Kalimantan di Hotel Novotel Balikpapan. Demikian disampaikan Co Chair  Y20 Indonesia Indra Dwi Prasetyo.

“Ada empat isu besar yang kita bawa. Pertama masalah tenaga kerja anak muda, kedua kita bicara digital transformasi sekarang lebih banyak pinjol atau sosial media dan seterusnya,” ujarnya.

Kemudian ketiga, ekosistem berkelanjutan dan ke empat inklusif tentang keberagaman.  Ke empat isu tersebut dianggap yang selama ini menjadi kekuatan aka-anak muda di Indonesia.

“Dan empat isu itu menurut kita kekuatan Indonesia sebagai anak muda dengan number yang banyak,” ujarnya.

Empat isu tersebut akan disampaikan ke Presiden Joko Widodo sehingga bisa diteruskan ke masing-masing kepala negara anggota G20. Sehingga akan menjadi isu penting bagi global.

“Kedepannya isu-isu nanti akan kita rancang dan akan kita jadikan community yang akan kita berikan kepada Presiden Jokowi agar kedepannya bisa didistribusikan kepada kepala negara anggota G20 ini,” katanya.

Sementara dipilihnya Kota Balikpapan menjadi salah satu tuan rumah Pre Summit  Y20 karena Kota Balikpapan dianggap sangat peduli dengan lingkungan. Disamping isu Ibu Kota Negara (IKN).

“Kita memilih Balikpapan karena konsennya terhadap lingkungan. Kedua isu IKN. Tadi kita melihat Balikpapan Kota yang strategis untuk membicarakan lingkungan dan ekosistem berkelanjutan,” ujarnya

“Kita melihat banyak yang yang bisa kita pelajari dari IKN, salah satunya visi besar. Ada kalkulasi-kalkulasi yang sudah dilakukan dan memang tugas kita adalah mengawasi.”

Pada pembukaan Pre Summit  Y20 tampak hadir Menteri Lingkungan Hodup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Pelaksana Tugas Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Jonni Mardizal, dan Gubernur Kaltim Isran Noor, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud serta sejumlah delegasi dari beberapa negara. Sedangkan mayoritas delegasi Eropa banyak mengikuti melalui zoom.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.