Gubernur Zainal Arifin Paliwang, Wakil GubernurYansen Tipa Padan bersama Ketua DPRD Kalimantan Utara (Kaltara) Norhayati Andris usai menerima dosis kedua vaksin covid-19 / Humas Pemprov Kaltara

Gubernur dan Wagub Kaltara Terima Dosis Kedua Vaksin Covid-19

TANJUNG SELOR, Inibalikpapan.com- Gubernur Zainal Arifin Paliwang Wakil Gubernur (Wagub) Yansen Tipa Padan bersama Ketua DPRD Kalimantan Utara (Kaltara) Norhayati Andris menerima suntikan dosis kedua vaksin covid-19 di Gedung Gabungan Dinas (GADIS) pada Selasa (16/3).

Vaksinasi terhadap Gubernur, Wakil Gubernur dan Ketua DPRD Kaltara tersebut bagian dari program vaksinasi tahap kedua yang menyasar jasa pelayanan publik maupun lansia atau usia 60 tahun keatas yang telah dimulai pada 4 Maret 2021.

“Kita telah menggelar vaksinasi tahap satu pada Januari lalu dengan kelompok sasaran tenaga kesehatan sebanyak 8.665. Bahkan saat ini proses vaksinasinya masih berlangsung,” kata Gubernur Zainaldilansir dari laman Pemprov Kaltara

Harapannya dengan  vaksinasi bisa menurunkan angka penularan, atau positif covid-19 dan kematian karena terapapar virus dari China tersebut. Karena lewat vaksinasi dapat mencapai kekebalan kelompok dalam masyarakat atau herd immunity.

“Sehingga dapat melindungi masyarakat dari Covid-19 meskipun aktif secara sosial dan ekonomi,” ujarnya.

Kata dia, herd immunity sendiri, tidak akan dapat terbentuk jika tidak dibarengi dengan kesadaran masyarakat. Karena itu, Zainal mengimbau agar seluruh masyarakat Kaltara dapat memahami tujuan utama vaksinasi.

“Perlu diingat, bahwa herd immunity dapat terbentuk apabila cakupan vaksinasi tinggi dan merata di seluruh wilayah,” ujarnya

Meski begitu lanjutnya, pemberian vaksin juga tidak serta merta membuat seseorang menjadi kebal dan terbebasdari Covid-19. Karena itu dalam pelaksanaan vaksinasi juga harus tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan.

“Penerapan 4M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan) dan 3T (Tracing, Testing dan Treatment) secara disiplin harus dilakukan,” ujarnya.

Sejauh ini, jumlah vaksin yang diterima Kaltara dan telah terdistribusi di kabupaten dan kota sejak Januari hingga Maret 2021 sebanyak 16.050 vial. Sebanyak 81 fasilitas pelayanan kesehatan yang melayani vaksinasi.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.