Pasar Tradisional Balikpapan

Harga Bawang dan Ikan Melonjak

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Harga di sejumlah pasartradisional Balikpapan dalam sepekan jelang natal dan Tahun Baru telah mengalamikenaikkan. Di Pasar Pandansari bahkan telah mengalami kenaikkan sejak sepekanterakhir.

Bawang merah dari sebelumnya Rp 25 ribu per kilogram naik menjadi Rp 28 ribu. Begitupun bawang putih yang sebelumnya Rp 15 ribu per kilogram naik menjadi Rp 17 ribu per kilogram. Bahkan kemungkinan harganya akan terus naik.

“Dari sana naik memang mahal, sebelumnya Rp 25 ribu dan Rp 26 ribu untuk satu kilogramnya (bawang merah. Bulan lalu belum naik, sudah satu pekan ini naik, kemungkinan bisa naik lagi,” kata Anto salah satu pedagang di Pasar Pandansari.

“Bawang putih ini juga naik dari Rp 15 ribu menjadi Rp 17 ribu, tapi naiknya masih wajar tidak terlalu tinggi. Bawang merah dan bawang putih berasal dari Jawad an Sulawesi,”

Sementara  harga ikan laut juga telah naik dalam beberapa hari terakhir. Harga ikan tongkol yang sebelumnya Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp 45 ribu hingga Rp 50 ribuatau naik sekitar 50 persen.

Begitupun harga ikan layang yang sebelumnya Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu per kilogram naik menjadi Rp 35 ribu per kilogram atau mengalami kenaikkan hingga Rp 10 ribu per kilogram.

Sebelumnya Tim Gabungan Satgas Pangan yang terdiri dari Polda Kaltim, Bulog Kaltim, Dinas Perdagangan Balai POM, BPS, dan KPPU Balikpapan telah menggelar sidak ke sejumlah ritel modern, pasar tradisional hingga distributor.

Sidak tersebut untuk memastikan pasokan kebutuhan pokok untuk Natal dan Tahun Baru aman hingga 2-3 bukan kedepan. Hal itu disampaikan Kasubdit Indagsi Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kaltim AKBP  Seber R Kombong.

Baca juga ini :  Akhir September ini Kepastian Rahmad Mas'ud Maju Atau Tidak Dalam Pilwali 2020

“Sidak dimulai dari  Supermarket hingga ke pasar tradisional Klandasan dan ditributor pangan. Kebutuhan pokok aman dapat terpenuhi hingga 3 bulan kedepan,” ujarnya.

Karenanya lanjut Kombong, warga Balikpapan tak perlu khawatir, karena kebutuhan pokok di Kaltim tercukupi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.