Pasar Pandansari Balikpapan

Harga Cabai di Balikpapan Tembus Rp 100 Ribu per Kilogram

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com  – Harga cabai rawit disejumlah naik pasar tradisional di Kota Balikpapan melonjak dalam sepekan terakhir. Di Pasar tradisional Pandansari harga cabai tembus Rp 100 ribu per kilogram.

“Jadi harga sebelumnya Rp 60 ribu naik jadi Rp 100 ribu per kilogram,” ujar Agustina Pedagang Pasar Pandansari, Jumat (05/03)

Dia mengatakan, pasokkan yang terbatas membuat harga cabai rawit makin pedes. Sementara pemintaan sangat tinggi. Pasalnya, selama ini rata-rata pangan termasuk cabai di pasok dari Sulawesi maupun Jawa.

“Karena pasokkannya terbatas, didatangkan dari luar dan lalu permintaannya tinggi jadi hargannya melonjak,” ujarnya.

Senada pedagang lainnya, Darwis juga mengungkapkan, pasokkan terbatas khususnya dari Sulawesi. Biasanya cabai rawit dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah melimpah, namun belakangan terbatas.

“Karena pasokkannya terbatas, mau gak mau harganya jadi naik jadi Rp 100 ribu perkilo. Karena dari luar dipasok,” ujarnya.

Kata dia, melonjaknya harga cabai justru merugikan pedagang. Karena kini banyak pembeli yang justru mengeluhkan. “Sudah hamper seminggu belakangan pembeli juga berkurang, karena mahal,” ujarnya.

Baca juga ini :  Begini Alokasi PKH, Bantuan Sembako dan BST Tahun Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.