KPPU Balikpapan saat melakukan sidak ke pasar tradisional Balikpapan

Harga Cabe Rawit Merah di Kaltara Capai Rp141.000 Per Kg

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Sejak awal Desember 2023, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) melakukan pemantauan harga pangan ataupun bahan pokok di sejumlah daerah di Tanah Air

Salah satunya di Kalimantan, dimana harga cabe melonjak tajam dari harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan Pemerintah Daerah (Pemda), seperti di Kalimantan Utara (Kaltara).

Berdasarkan rilis yang diterima inibalikpapan, harga cabe merah keriting tertinggi di Kaltara mencapai Rp102 ribu per kg Sedangkan HET Rp55 ribu per kg.

Sementara untuk harga cabe rawit merah di Kaltara mencapai Rp141.000 per kg. Sedangkan HET Rp55.000 per kg.

Adapun harga daging sapi mencapai Rp 165.000 per kg di Kaltara. Sedangkan HET mencapai Rp140,000 per kg  

Untuk minyak goreng curah termurah di Kalimatan di Kalimantan Selatan (Kalsel) Rp13.330 per liter. Sedangkan HET Rp14.000 per liter.

Selain di Kalimantan, KPPU juga melakukan pemantauan di sejumlah daerah yakni seperti Medan, Lampung, Bandung, Surabaya, Samarinda, Makassar, dan Yogyakarta.

KPPU menegaskan, akan terus melanjutkan pengawasannya atas harga berbagai komoditas pangan tersebut, khususnya yang miliki karakter pasar oligopolistik seperti daging sapi, daging ayam, minyak goreng, bawang putih, dan lainnya.

 KPPU mendesak agar pemerintah melakukan langkah-langkah stabilisasi harga karena itu menjadi syarat penting untuk menciptakan stabilitas politik di saat suhu politik memanas menjelang Pemilu 2024.

Comments

comments

Baca juga ini :  Kasus Google Play Billing Sistem Masuk Tahap Pemberkasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.