Hari Lebaran, 4 Ruko di Jalan Soekarno Hatta Km 1,5 Terbakar

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com- Usai melaksanakan salat Idul Fitri masyarakat Balikpapan di Kilometer 1,5 jalan Soekarno Hatta dikagetkan dengan kemunculan api yang membakar sejumlah rumah toko yang tepat berada di pinggir jalan poros Balikpapan-Samarinda.

Kebakaran diperkirakan terjadi pukul 09.10 wita Rt 44 Kelurahan Gunung Samarinda yang menghanguskan 4 ruko. Seorang warga Mulyadi (48) mengalami luka bakar karena berusaha menyelamatkan harta bendanya.
Korban luka bakar bagian tangan kanan dan kiri ini berhasil dievakuasi dan mendapatkan perawatan di rumah sakit Ibnu Sina yang berjarak 1,5 kilometer dari lokasi kebakaran.

Tampak warga berkerumun, dan sebagaian warga pemilik ruko berusaha menyelematkan harga bendanya. Dari empat ruko ini terdapat ruko berlantai II dan berlantai IV ke bawah mengingat kawasan tersebut agak curam di bagian belakangnya. Toko terbakar berjualan sembako, bensin eceran, warung makan.

Ruko semi permanen yang terbuat dari kayu, seng dan sebagaian tembok ini hangus terbakar dalam waktu singkat. Beruntung kejadian kebakaran ini tidak merembet ke pemukiman warga karena petugas kebakaran BPBD Kecamatan Utara yang berkantor di sekitar kejadian langsung memadamkan api. Akibat kebakaran ini, ruas jalan Soekarno Hatta ditutup sementara lebih kurang 1,5 jam dan dialihkan ke jalan lingkungan sekitarnya seperti Srat 3 atau jalan Inpres.

Kepala BPBD Balikpapan Suseno menyampaikan terimakasih atas kerjasama dan bantuan kepada teman-teman yang terlibat menangani kebakaran ditengah hari lebaran ini.

“Teman-teman tetap sigap mengantisipasi kejadian yang tidak kita harapkan. Semoga selanjutnya tetap terus aman,” ujarnya.

Suseno juga menghimbau warga Balikpapan agar berhati-hati saat meninggalkan rumah atau terhadap aktivitas dalam rumah yang dapat menimbulkan bahaya kebakaran.

“Mohon bantuan sosialisasi kemasyarakat untuk lebih peduli dan hati-hati dalam beraktifitas yang beresiko adanya bencana,” katanya.

Baca juga ini :  Update 26 Mei 2021 : Sebanyak 1.190 Kasus Aktif Covid-19 di Kaltim, 1.707 Kasus Kematian

Sejauh ini belum diketahui penyebab kebakaran yang menutup ruas jalan utama Balikpapan-Samarinda. Sedikitnya ada 10 kendaraan pemadam dikerahkan dan api mampu dipadamkan sekitar 40-50 menit kemudian.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.