Hetifah Sjaifudian : Sinergi Dosen dan Tenaga Pendidik Jadi Kunci Penguatan Perguruan Tinggi di Kaltim

SAMARINDA, Inibalikpapan.com – Dalam upaya penguatan dunia pendidikan di Kalimantan Timur, khususnya perguruan tinggi, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian menggelar diskusi bertajuk Sinergi Membangun Kompetensi Dosen dan Tendik Perguruan Tinggi, di Universitas 17 Agustus Samarinda, Rabu (13/12/2023).

Diskusi menghadirkan Direktorat Sumber Daya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan teknologi, diikuti sekitar 100 dosen dari seluruh perguruan tinggi di Kalimantan Timur.

Acara ini menghadirkan Hetifah Sjaifudian yang juga anggota DPR RI Dapil Kaltim, Rektor Universitas 17 Agustus Samarinda Marjoni Rachman, Direktorat Sumber Daya Diktiristek Mulyono, dan dosen dari Universitas Mulawarman Haviluddin.

Hetifah menyampaikan kebijakan dan strategi pendidikan tinggi diantaranya melalui peningkatan keseimbangan (equality) dalam pendidikan, peningkatan mutu (quality), peningkatan relevancy dengan cara meningkatkan jumlah wirausahawan dan pengembangan pendidikan. Serta peningkatan competitiveness dengan mengembangkan kompetensi dengan penelusuran bakat dan minat sejak dini.

“Beberapa permasalahan yang menonjol terkait pendidikan tinggi adalah kualitas, kuantitas, dan distribusi dosen dan tenaga kependidikan, kesejahteraan, kesulitan mengejar studi lanjutan, pengembangan karier, dan sempitnya jejaring” terangnya.

Legislator Kaltim 3 periode ini juga menyampaikan perlunya penguatan perguruan tinggi, baik PTN maupun PTS dalam mencetak SDM yang berpengetahuan dan terampil, berkarakter, bermoral, dan bermental kuat menuju gerbang emas pendidikan di Kaltim menyongsong IKN.

“Juga tentu permasalahan terkait inequality, quality, relevancy, dan competitiveness yang terjadi perlu segera mendapatkan prioritas solusi, dan pentingnya sinergitas dosen dan tendik,” tegasnya.

pada kesempatan sama, Rektor Untag Samarinda Marjoni Rachman menyampaikan apresiasi untuk Hetifah yang telah menginisiasi pertemuan diskusi ini. Serta selalu intens dalam berkomunikasi dengan kampus-kampus di Kaltim.

“Hal ini tentu sejalan pentingnya mengelola sumber daya di perguruan tinggi, pengetahuan ini,” jelasnya.

Baca juga ini :  Komisi X DPR Desak Pemda di Kaltim Bikin RIPPDA

Sementara itu, Direktorat Sumber Daya Diktiristek Mulyono menjelaskan, Kemendikbudristek bersama dengan DPR RI selalu berkomitmen dalam peningkatan kompetensi pendidikan tinggi.

“Sinergi ini penting sehingga pengelolaan kampus baik negeri maupun swasta dapat berjalan dengan baik,” terangnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.