Kolonel Inf Faisal Rizal

Imbauan Kodim Balikpapan Takbiran di Masjid, Rayakan Idul Fitri Tetap Pakai Masker

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Komandan Kodim 0905 Balikpapan Kolonel Inf Faisal Rizal mengimbau warga agar melaksanakan tambiran di rumah ataupun di masjid.

“Imbau  takbiran dilaksanakan di masjid-masjid dengan tujuan agar lebih khimat dan tidak menganggu ketertiban umum dan lalu lintas, di masjid lebih enak suasananya ,” ujarnya kepada awak media pada Minggu (01/05/2022).

Dia meminta masyarakat tidak melaksanakan takbiran keliling. Karena sesuai surat edaran Wali Kota, tidak diperkenankan takbiran keliling karena Kota Balikpapan berstatus PPKM Level 3.

“Kalau di lalu lintas banyak mudaratnya, dibanding manfaatnya kalau kita keliling-keliling. Apalagi nanti ada yang pakai mercon, akhirnya menjadi persoalan,” katanya.

“Oleh karenanya saya harapkan melaksanakan takbiran di rumah, di masjid-masjid yang telah disiapkan,”

Dia juga meminta warga yang akan mudik untuk memperhatikan listrik di rumah.  Pastikan rumah dalam kondisi aman sebelum mudik untuk mencegah kebakaran.

“Mulai yang pertama saya imbau dicek dulu masalah listrik karena sudah seringkali kebakaran, kemudian diyakinkan aman-barang-barang, rumah dikunci sehingga tidak terjadi adanya kecurian,” tandasnya.

Bagi pemudik, agar tidak terburu-buru dalam berkendara, untuk menjaga keselamatan selama perjalanan.  Harus istirahat jika memang kelelahan dan tidak memaksakan. TNI bersama Polri menjaga jalur mudik.

“Kemudian kami bersama aparat keamanan bersama kepolisian akan membantu masalah keamanan yaitu bagaimana masyarakat memiliki rasa aman , tentram pada saat lebaran,” ujarnya.

Bagi yang butuh istirahat, Kodim dan Koramil dimasing-masing wilayah menyediakan tempat istirahat. Termasuk menyiapkan tempat untuk salat dan makanan, minuman.

“Kemudian masing-masing kodim, koramil kita siapkan rest area bagi masyarakat yang ingin istirahat maupun melaksanakan salat kita siapkan, termasuk makan, minum kita siapkan apabila ada yang keluar daerah, kemalaman kita siapkan,” ungkapnya.

Baca juga ini :  Demi Mengejar Tuan Rumah, Persiba Siapkan 3 Lapangan Latihan

Dia juga mengimbau agar selama merayakan lebaran, tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) diantaranya memakai masker. Karena pandemi covid-19 belum berakhir.

“Kegiatan Idul Fitri kita tetap menggunakan masker untuk menjaga keamanan kita semua bersama. Karena pandemi masih terjadi, masih ada kasus positif di tempat kita, oleh karenanya tetap di jaga seusia prokes.”tutupnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.