ilustrasi,

Ingin Baca Banyak Buku, Silahkan Unduh ibalikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Inovasi terus dilakukan Pemerintah Kota Balikpapan guna mengikuti perkembangan khususnya tekhnologi.

Salah satunya dengan meluncurkan perpustakaan digital melalui layanan ibalikpapan, bertepatan dengan HUT Kemerdekaan ke 72 di Gedung Perpustakaan, Kamis (17/08).

“Ini mempermudah akses masyakat mendapat informasi yang edukatif. Bagi yang repot dan butuh buku segera bisa baca dan pinjam lewat aplikasi saja,” kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi disela-sela peluncuran.

Rizal pun berharap dengan diluncurkannya perpustakaan digital, maka minat baca masyarakat Kota Balikpapan akan meningkat. Karena menjadi lebih mudah.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan Heri Misnoto mengatakan, keberadaan perpustakaan digital mempermudah warga.

Caranya pun mudah, warga tinggal mengunduh ibalikpapan sehingga bisa mengakses atau membaca buku-buku berkualitas tanpa harus berkunjung ke Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip.

“Sekarang kan eranya sudah digital, oleh karena itu kita berusaha memanfaatkan teknologi untuk memudahkan para pemustaka, dan tentunya dengan aplikasi ini membaca buku menjadi lebih praktis,” ujarnya.

“Untuk mendapatkan layanan ini masyarakat cukup mengunduh aplikasi iBalikpapan melalui telepon pintar berbasis android. Setelah aplikasi terunduh, lakukan registrasi dengan menggunakan alamat surat elektronik atau menggunkaan akun Facebook. Setelah registrasi berhasil, maka pemustaka dapat langsung menggunakan aplikasi ini,”

Dia menambahkan, kedepannya pihaknya akan mengembangkan aplikasi ini agar dapat diakses di semua perangkat dan semua platform, baik android, iOS, maupun Win/Mac.

Pada tahap awal, telah disiapkan sebanyak 2.243 buku digital. Pemilihan buku dilakukan berdasarkan proses assesment dengan mempertimbangkan kebutuhan bahan bacaan bagi masyarakat umum, perguruan tinggi, maupun pelajar.

“Buku yang disiapkan beragam, mulai dari bisnis, akunting, lifeskill, hingga buku-buku laris,” pungkasnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.