Sendimentasi di Graha Indah Balikpapan

Ini Penyebab Pemukiman Graha Indah Balikpapan Kerap Banjir

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Setiap turun hujan dengan intensitas tinggi, Warga RT 31, Kelurahan Graha Indah. Balikpapan Utara, Km 5,5 RT 31 kerap kebanjiran. Seperti yang terjadi Senin (26/12) kemartin.

Ketua RT 31 Graha Indah Sosiawan mengatakan, banjir yang kerap terjadi disebabkan saluran drainase sudah tidak berfungsi dengan normal. Akibat adanya sedimentasi.

“Di dekat gorong-gorong itu lebarnya sekira 6 meter menyempit hingga 2 meter akibat penuh dengan sedimen itu. Ditambah lagi dengan pohon yang menghambat saluran air,” ujarnya.

Menurutnya, banjir mulai terjadi sejak musim hujan tahun ini Luapan air drainase tak lagi mampu menampung debit air hujan. Padahal drainaser tersebut baru berusia sekitar 6 tahun.

Drainase sepanjang dua kilometer dengan lebara 4 hingga 6 meter dibangun sekira tahun 2010 lalu oleh Pemerintah Provinsi Kaltim. Drainase itu dibangun untuk mengurai banjir yang sebelumnya menjadi langganan warga sekitar.

“Memang setelah proyek drainase selesai dibangun, tidak lagi banjir karena saluran air drainase berjalan lancar. Dulunya rutin dikerok sama petugas, saat ini enggak ada lagi seperti itu,” ujarnya.

“Kalau dulu banjirnya tidak bertahan lama, sekarang ini agak lama karena gorong-gorong darainase tersumbat. Sedimen itu harus dikerok dan pohon yang juga harus ditebang supaya saluran air lancar,”

Senada Nordin warga sekitar pun mengaku, banjir yang masuk hingga ke pemukiman warga itu, surutnya cukup lama. “Banjir kali ini tidak seperti tahun-tahaun sebelumnya, genangan air lama surutnya,” ujarnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Begini Strategi Pemerintah Tekan Lonjakkan Kasus Covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.