Presiden Jokowi

Isu Myanmar Salah Satu yang akan Dibahas dalam KTT ASEAN

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Isu Myanmar akan menjadi salah satu poin yang dibahas para pemimpin ASEAN pada Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN.

Ha itu disampaikan Presiden Joko Widodo dalam keterangannya kepada awak media di Bandara Internasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Minggu, 7 Mei 2023.

“Iya, secara khusus akan dibahas. Tapi, acuan kita tetap untuk Myanmar, acuan kita tetap ‘5 Point of Consensus’, itu tetap menjadi acuan, tetapi harus dengan dialog, bukan karena–menurut saya sanksi itu bukan sebuah solusi,” ujarnya dikutp dari laman Presiden.

Presiden Jokowi berharap agar konflik di Myanmar dapat segera diselesaikan. Setidaknya ada tiga hal yang ditekankan Presiden Jokowi terkait isu Myanmar, mulai dari penghentian kekerasan hingga mendorong peran aktif dari Myanmar dalam dialog-dialog.

“Pertama, kekerasan harus dihentikan, segera dihentikan. Yang kedua, bantuan kemanusiaan harus sampai ke rakyat di Myanmar,” ujarnya.

“Yang ketiga, dialog–ini yang penting–yang ingin kita yang aktif tidak hanya di sini, tetapi juga di Myanmar sendiri juga harus aktif untuk berperan dalam dialog-dialog yang ingin kita lakukan,”

KTT ke-42 ASEAN akan digelar di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) selama dua hari yakni pada 10-11 Mei 2023.

Comments

comments

Baca juga ini :  542 Calon Jamaah Haji Ikuti Vaksinasi Booster

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.