Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik

Kaltim dan Provinsi Anhui Tiongkok Jalin Kerja Sama, Pj Gubernur Sodorkan IKN   

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Provinsi Kaltim melakukan Penandatangan Pernyataan Kehendak dengan Provinsi Anhui, Tiongkok, Senin (04/12/2023)

Penandatangan tersebut, terkait Pembentukan Kerja Sama yang dilaksanakan di Double Tree Hotel by Hilton Cikini Jakarta, Jakarta Pusat

“Kami ucapkan selamat datang di Indonesia, kepada delegasi Tiongkok dari Provinsi Anhui.,” ujar Penjabat Gubernur Kaltim Akmal malik dikutip inibalikpapan.com

“Semoga pertemuan ini bermanfaat untuk meningkatkan kerja sama bagi kedua negara,”

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur menyampaikan beberapa perspektif Kaltim. Salah satunya, sebagai pintu gerbang negara karena berada di jalur strategis perdagangan internasional Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI 2).

“Kaltim juga sebagai produsen energi primer, karena memiliki sumber daya alam yang melimpah terutama batubara, minyak, gas dan kayu untuk mendukung keberlanjutan negara,” ujarnya

Akmal juga menyampaikan beberapa kondisi dan peluang investasi di Kaltim mapun Ibu Kota Nusantara (IKN) yang saat ini pembagunannya tengah dikebut.


“Semoga dalam pertemuan ini akan meningkatkan kerjasama yang baik bagi Indonesia dan Tiongkok, khususnya di Kalimantan Timur,” ujarnya.


“Tawaran Anhui bagus sekali, kita berharap kerjasama ini berjalan dengan baik. Karena menindaklanjuti apa yang sudah menjadi kerjasama antara Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo,”

“Kita Kalimantan Timur membutuhkan banyak investor. Kita berharap ini minimal di bufferzone area (daerah penyangga) ada investor- investor dari luar negeri yang akan masuk,”

Hadir dalam kegiatan ini Asisten Administrasi Pembangunan dan Perekonomian Ujang Rachmad, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Puguh Harjanto.

Lalu Kepala Badan Penghubung (Banhub) Kaltim Perwakilan Jakarta Raihan Fida Nuzban, Kepala Biro Hukum Suparmi, Tenaga Ahli Pj Gubernur Emeralda Ayu Kusuma,

Baca juga ini :  TC PSSI di IKN Dilengkapi Fasilitas Bertaraf Internasional, Dibiayai Dana Hibah FIFA Capai Rp90 Miliar

Kemudian Komite Tetap Kerjasama Multilateral dan Bilateral Kadin Kaltim Faridz Azhar Dompas, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Kurniawan, Kepala Balitbangda Fitriansyah, Wakil Direktur Bank Indonesia Perwakilan Kaltim Muhammad Rais, Kadisbun Ahmad Muzakir dan Kepala Biro PPOD Agung Masuprianggono.
.
Tampak pula Wakil Gubernur Provinsi Anhui Republik Rakyat Tiongkok Shan Xiang Qian, Wakil Sekjen Pemerintah Rakyat Provinsi Anhui Luo Guangyong, Wakil Direktur Departemen Pedagangan Provinsi Anhui Yang Benqing, Wakil Direktur Kantor luar Negeri Provinsi Anhui Wang Nianbao, Ketua KADIN Anhui Indonesia He Tao. (adpimprovkaltim)

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.