Kandaskan Martapura 3-0 Persiba Masih Jaga Asa Lolos 4 Besar

BALIKPAPAN, Inibalikpapan — Persiba Balikpapan akhirnya mampu membuktikan keunggulan saat menjamu Martapura FC dengan skor 3-0 pada laga lanjutan Liga2 di stadion Batakan, Kamis malam (3/10/201).

Tren positif kemenangan Persiba dibukukan dalam papan skor pada babak kedua oleh Reza Saputra eks PSIM dengan dua gold pada menit 69 dan 74 sedangkan gol Aji kusuma dimenit 72.

Dengan kemenangan ini Persiba tetap menjaga harapan untuk bisa lolos 4 besar liga 2 yang kini masih menyisakan dua laga lagi yakni kandang melawan Madura pada 8 Oktober dan tandang melawan Mitra kukar pada 21 Oktober 2019.

Kemenangan ini Beruang Madu naik ke dua strip atau  peringkat 6 klasemen sementara Wilayah Timur dengan 24  poin. 

Jalan pertandingan pada babak pertama

Kedua kesebelahan bermain lamban dan tampak membosankan bahkan tim tamu sempat bermain lebih baik karena penjagaan ketat kepada pemain persiba terutama penyerang dan pemain tengah.

Meski demikian tercatat ada 3 peluang dicipkan pemain beruang madu yakni menit ke 3 tandukkan Reza Saputra ke gawang Martapura FC memanfaatkan tendangan pojok, masih bisa diantisipasi pemain lawan yang berada disisi gawang. 

Enam menit kemudian giliarn tendangan Aji Kusuma masih menyamping. Begitupun tendangan Reza Saputra menit ke 11 juga menyamping. 

Disisi lawan, giliran Martapura menit ke 13 merespon. Melalui tendangan Rahel Radiansyah eks pemain Persiba namun melebar.  Begitu pula menit ke 15 giliran sontekan Yusuf Bahtiar juga menyamping. 

Sebelum turun minum striker  Martapura Agi Pratama diusir wasit setelah mendapatkan kartu kuning kedua.  Martapura pun harus bermain dengan 10 pemain.

Keputusan wasit memicu protes tim tamu dan pelatih sehingga sempat terhenti selama 10 menit karena keputusan wasit Sunyoto asal Jawa Timur yang tidak dapat diperolah akibat Agi Pratama mengganjal pemain Persiba. Suasana sempat memanas baik di lapangan maupun di banch Martapura namun wasit, pengawas tetap meyakinkan tim Martapura untuk mempercayakan keputusan pada wasit.

Baca juga ini :  Wali Kota Sudah Surati Gubernur Terkait Lahan eks Puskib

Unggul pemain kesempatan ini belum berhasil dimanfaatkan Persiba untuk mencetak gol sehingga berakhir babak pertama pertandingan masih 0-0.

Pada babak kedua

Tuan rumah yang diwajibkan menang atau poin 3 ini, terus menekan pertahanan lawan dengan menekan lawan. 

Unggul 1 pemain membuat persiba menguasai permaian dan lini serang serta lapangan tengah. Serangan dari sayap maupun tengah membuat Martapura bertahan habis.

Ketahanan 10 pemain tamu, akhirnya rapuh pada menit ke 69 stadion Batakan bergemuruh,  Reza Saputra menceploskan bola ke gawang Martapura melalui tandukkan, memanfaatkan tendangan pojok Irsan Lestahulu.

Pertandingan terus dikuasai tuan rumah, kebobolan 1 -0 membuat Martapura terutama kiper Agi harus kembali  memungut bola didalam  jala pada menit ke 72  melalui penyerang Aji Kusuma memanfaatkan umpan satu dua dengan Reza Saputra. Aji mampu mengecoh kiper dengan arah bola ke kanan gawang Agi sehingga kedudukan menjadi 2-0 untuk Persiba.

Pertandingan makin dikuasai tuan rumah meski pertandingan berlangsung keras dan kasar. Akibat beberapa pemain persiba tersungkur bahkan hampir terlibat perkelahian, ditambah lagi emosi penonton yang beberapa kali melakukan pelemparan benda ke dalam lapangan yang ditujukan ke pemain Martapura.

Meski demikian kondisi tetap menjaga focus pemain untuk meningkat tempo serangan apalagi setelah masuknya pemain tengah Brian Cesar di babak kedua lebih banyak berperan dan bermain lebih dekat dengan pemain depan. Pada menit 74 ,  Reza kembali mencetak gol keduanya,  Hingga membuat Persiba unggul 3-0.

Hingga memasuki menit akhir, Persiba menekan terus namun beberapa kali Martapura juga melakukan perlawan meski tidak menghasilkan gol.  Hingga pluit berbunyi skor akhir 3-0 untuk Persiba

Sebelumnya pada laga Sabtu malam (28/9) Persiba mengkandaskan PSBS Biak 3-1 di stadion Batakan. kemenangan ini menjaga asa hingga pertandingan melawan Martapura Kamis malam (3/10) termasuk saat menghadapi Madura (8/10) mendatang.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.