5 Kru kapal TB SInar Bintang Abadi 1 yang berhasil diselamatkan

Kapal TB Sinas Bintang Abadi 1 Tenggelam di Teluk Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Kapal  jenisTug Boat (TB) Sinar Bintang Abadi 1 tenggelam di perairan Teluk Balikpapan,Jumat  (13/03). Kapal tersebut, tenggelam diduga karena tak kuat saat menarik kapal TB Bintang Abadi 3 yang ukurannya lebih besar.    

Awalnya, kapal dengan 5 kru yakni Hasim nahkoda, Mujiono kepala kamar mesin, Sarufudin mualim 1 dan Fajar ABK, diperintahkan PT KRN untuk menarik kapal TB Bintang Abadi 3 yang mengalami mati mesin di Teluk Balikpapan.

Kapal TB Sinar Bintang Abadi 1 tersebut,  berangkat dari dermaga PT KRN, pada Kamis (12/03), sekitar pukul 22.00 wita. Kemudian tiba di Teluk Balikpapan sekitar pukul 24.00 wita dan mendapati kapal TB Bintang Abadi 3 dalam keadaan mati mesin dan sedang  menarik tongkang Lili.

Hasim mengatakan, pihaknya melakukan tindakan pertolongan dengan cara merapatkan kapal di lambung sebelah kanan tongkang lili membantu menarik tongkang tersebut untuk dibawa kearah pinggir pantai namun gagal.

Kemudian, esoknya sekitar pukul 10.00 wita kapal TB Sinar Bintang Abadi 1 mencoba kembali menarik tongkang dengan cara yang sama. Namun saat berusaha menarik, angin kencang dan gelombang besar sehingga kapal TB Sinar Bintang Abadi 1 terhempas dan terhantam di tongkang Lili

Lalu mengalami kebocoran dan nakhoda langsung melepaskan kaitannya denga tongkang. Kapal TB Sinar Bintang Abadi I pun berusaha merapat ke pinggir pantai, namun karena tingkat kebocorannya besar, akhirnya tenggelam sekitar pukul 18.00 wita.

Kasi Operasional SAR Kota Balikpapan Octavianto mengatakan, saat kapal akan tenggelam nahkoda telah meminta awak kapal untuk menyelamatkan diri. Sempat terapung di laut para kru kapal akhirnya diselamatkan tim SAR gabungan yakni TNI AL, Polair, KSOP, Basarnas dan BPBD.

Baca juga ini :  Mahasiswa Gelar Aksi Demo Tuntut Penuntasan Kasus Pencemaran Teluk Balikpapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.