Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha

KPU Balikpapan Beberkan Alasan Menunjuk Penelis Debat dari Luar Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – KPU Kota Balikpapan membeberkan alasannya menunjuk 4 penelis yang akan dihadirkan dalam debat publik pilkada Balikpapan yang akan digelar pada Rabu (11/11) malam nanti.

Pasalnya, sejumlah warga Balikpapan justru meragukan netralitas para penelis yang rata-rata akademisi dari Kota Samarinda. Termasuk juga dianggap tidak mengetahui persoalan yang dihadapi daerah.

“Menurut mereka debat nanti malam itu ada kejanggalan terkait dengan tim panelis, karena tim panelis ini diindikasikan kok banyak orang luar. Karena            kurang memahami persoalan daerah,” ujar Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha.

Termasuk adanya 2 mantan dosen Rahmad Mas’ud (RM) yang merupakan peserta pilkada dan menjadi calon Wali Kota Balikpapan.  Namun Thoha mengungkapkan, sudah melakukan klarifikasi langsung dengab penelis.

“Kemudian ada 2 orang dosennya Pak RM dan itu semua sudah kami klarifikasi dengan tim panelis,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, ada 2 penelis yang dianggap mantan Dosen Rahmad Mas’ud yakni  Rahmawati dan Aji Sofya Effendi. Namun Rahmawati tidak pernag mengajar Rahmad Mas’ud dan Aji Sofyan hanya bertemu di kelas.

“Bu Rahma itu betul dekan tapi tapi pernah mengajar beliau. Pak Aji Sofyan betul dosen tapi batas pertemuan di kelas saja,” jelasnya.

Sementara terkait, tidak menunjuk penelis dari Kota Balikpapan. Thoha menyatakan, ada beberapa kriteria dalam menetukan penelis. “Kemudian terkait dengan kenapa sih bukan tokoh-tokoh daerah, bukan dari luar,” ujarnya

“Kami itu sudah menggodok satu-satu ada nama yang diusulkan ke KPU yang pertama adalah terkait dengan netralitas, kita kan lihat riwayatnya, pernah gak jadi parpol,”

“Kemudian tentang keahlian kepakarannya, kan harus ada karyanya, kan kita harus lihat semua itu. Maka dari itu semua dipustuskan di rapat pleno ya tim yang ada inilah yang sudah menurut rapat pleno itu mengurangi protes lah. Ternyata masih ada pihak-pihak yang mempertanyakan.”’jelasnya.

Baca juga ini :  Borneo FC Kantongi Sejumlah Nama Pengganti Edson Tavares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.