KPU Kota Balikpapan Noor Toha

KPU Balikpapan Fokus Logistik dan Siapkan Bimtek Aplikasi Sirekap

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Usai menggelar debat publik, KPU Kota Balikpapan akan fokus menyiapkan logistik pilkda. Karena tidak mudah, agak rumit. Apalagi pelaksanaan pilkada hanya tersisa satu bulan kedepan.

“Setelah ini KPU Kota Balikpapan akan konsentrasi menangani logistik. Logistik ini tidak lebih ringan, lebih rumit dari debat itu sendiri,” ujar Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha usai kegiatan pendalaman visi misi paslon, di Novotel, Rabu malam (11/11/2020).

“Karena kita harus memastikan jumlahnya, ketepatan waktunya, ketepatan ukurannya, desainnya dan sebagainya,”ucapnya.

Menurutnya, untuk pilkada tahun ini, hampir seluruh kebutuhan logistik terkait  lelang ditangani langsung KPU RI. “Kalau proses lelang sekarang ada e-katalog. Jadi hampir sebagian besar logistik ini langsung dikendalikan dari KPU RI,” ujarnya.

“Misalnya Balikpapan itu pencetakan surat suara itu di Temprina, kemudian pencetakan form nya di Pura, tinggal mengikuti arahan saja, Jadi kita tidak direpotkan lelang lagi dan kita tidak ada resiko atas itu karena seluruh proses lelang di pusat, ” jelasnya.

Kemudian juga harus melakukan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Aplikasi Sistem Rekapitulasi Secara Elektronik (Sirekap). “Yang kedua, ada apalikasi baru yang namanya Sirekap . Jadi nanti di TPS petugas TPS cukup memfoto plano,” ungkapnya.

Kata dia, untuk mengoperasikan Sirekap tidak mudah sehingga akan menggelar Bimtek Sirekap kepada penyelenggara pemilu, “Foto itu sudah terintegrasi dengan server kita yang otomatis bisa menghitung, itu rumit,” ujarnya.

“Makanya kita akan melakukan bimtek kepada PPK, PPS, PPS akan membintek kepada KPPS tentang tata caranya itu Jadi disamping kita mempersiapkan logistik, kita juga mempersipakna bimtek, untuk sirekap dan tata cara penghitungan juga,”bebernya.

Dia menambahkan, nanti setelah peraturan KPU tentang pungut hitung diterbitkan baru akan langsung di sosialisasikan. “Nanti setelah PKPU tentang pungut hitung itu sudah diketuk, kita langsung bergerak sosialisasi, iya bulan ini,” tutupnya.

Baca juga ini :  Ini Pesan Wali Kota Rizal Kepada Anggota DPRD Kaltim di Musrenbang Kota

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.