KPU Balikpapan Jumat Pagi Terima 455.999 Surat Suara

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, telah menerima surat suara pilkada serentak pada 9 Desember 2020  dengan jumlah 455.999 lebar.

Surat suara itu diterima dari KPU Pusat yang telah menyelesaikan pencetakan surat suara. Dikirim melalui Pelabuhan semayang dan tiba di kantor KPU Balikpapan, Jumat pagi (20/11/2020).

Surat suara dibungkus kotak coklat sebanyak 227 kotak yang isinya masing-masing untuk satu kota sebanyak 2000 lembar.

 “Tadi surat suara dibongkar dari pelabuhan dan diserahkan ke KPU Balikpapan yang jumlahnya sebanyak jumlah DPT ditambah 2,5 persen dari tiap-tiap TPS atau 454.999 lembar,” ujar Ketua KPU Balipapan, Noor Thoha ditemui di Gudang Penyimpanan Surat Suara KPU Balikpapan, Jumat (20/11/2020).

Surat suara ini kata Noor Thoha mengatakan akan segera di sortir apakah isinya tiap kotak ada 2000 lembar.

Selain penyortiran juga untuk memastikan surat suara tidak rusak.

“ Surat suara yang berada didalam ratusan kotak ini kemudian dalam waktu dekat ini akan langsung kita lakukan penyortiran, apakah betul isinya 2000 lembar, jika kurang akan dicatat atau yang kita sebut kurang kirim, kemudian juga ada berapa yang rusak yang kategorinya ada robekan, ada bolongan, atau ada bercak tinta, warna pudar, semuanya akan disisikan, nah kurang kirim dan rusak ini akan kita mintakan gantikan ke pabriknya,” jelasnya.

Dia memastikan H-6 pencoblosan surat suara dan kebutuhan lainya seperti tinda, pulpen dan dokumen lainya sudah harus selesai. “Sebelum masuk kotak itu 6 hari sebelum hari H sudah harus clear,” tandasnya.

Diketahui, dalam pilakada Kota Balikpapan nanti sebanyak 443.243 pemilih yang sudah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Nantinya  setiap TPS surat suaranya akan dilebihkan 2,5 persen.

Baca juga ini :  Ketua DPRD Optimis PAD 2019 Tercapai

“Sebagai antisipasi, di tiap TPS surat suara ditambah sebanyak 2,5 persen, sementara ditiap TPS jika ada pecahan pembulatannya keatas, jadi kita pastikan surat suara akan lebih, misalnya 443.243 pemilih ditambah 2,5 persen jadi 454.321 ” jelasnya Thoha.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.