Home / iniFLASH / KPU Balikpapan Minta TNI Ikut Sosialisasi Pilkada dan Tangkal Hoax
Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Toha dan Dandim 0905 Balikpapan Letkol Arm I Gusti Putu Agung Sujarnawa bersama para angota Babinsa foto bersama usai sosialisasi

KPU Balikpapan Minta TNI Ikut Sosialisasi Pilkada dan Tangkal Hoax

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – KPU Kota Balikpapan melakukan sosialisasi pilkada 2020 sekaligus memberikan pembekalan kepada anggota TNI, khususnya anggota Babinsa dilingkungan Kodim 0905 Balikpapan.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan, TNI maupun kepolisian memiliki peran yang penting dalam suksesnya penyelenggaraan pilkada. Khususnya dalam menjaga situasi kondusif selama pelsanaan pilkada.

“Maka hari ini kami hadir di Kodim 0905 Balikpapan. Dalam rangka kami membekali kepada seluruh anggota Babinsa Babinsa yang ada di Balikpapan, dengan harapan agar para anggota Babinsa ini mampu menyampaikan kepada seluruh masyarakat betapa pentingnya menggunakan hak pilih,” ujarnya.

Personil TNI, khususnya Babinsa diharapkan, ikut melakukan sosialisasi mengajak masyarakat untuk menggunakan hal pilihnya di TPS. Termasuk juga ikut menangkal berita hoax yang biasanya ramai beredar saat pilkada.

“Beliau beliau ini kalau ngomongkan didengar masyarakat. Kalau anggota Babinsa ini bicara, maka orang orang di sekitarnya akan diam. Karena ini momentumnya Pilkada, maka setiap pembicaraan Babinsa ini diharapkan untuk fokus kepada Pilkada. Sekaligus menangkal berita berita hoax,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, pilkada tahun ini KPU Kota Balikpapan menargetkan partisipasi pemilih mencapai 77,5 persen sama dengan target nasional. Karena itu menjadi tugas semua pihak untuk ikut terlibat mensosialisasikan.

“Ini berat untuk pilkada itu. Maka dengan berbagai upaya yang kami lakukan, bahwa seluruh stakeholder yang terkait untuk kita gerakkan agar dapat mendongkrak partisipasi warga dalam memilih pada PilkadaKota Balikpapan tahun 2020,” ujarnya.

Sementara itu Dandim 0905 Balikpapan Letkol Arm I Gusti Putu Agung Sujarnawa menyatakan, akan membantu untuk mensosialisasikan pilkada. Kata dia, sosialisasi yang dilakukan TNI tidak akan menggangu netralitas TNI.  

“Dengan kegiatan sosialisasi ini, kami bisa membantu untuk mensosialisasikan. Karena kami menilai sosialisai ini masih dalam batasan wajar karena tidak mengganggu netralitas TNI,” ujarnya.

“Peran Babinsa ini juga bisa menyelipkan untuk mengajak masyarakat agar berpartipasi dan berperan aktif untuk menggunakan hak pilihnya. Di mana Babinsa sebenarnya adalah ujung tombak TNI. Keberadaan Babinsa di setiap desa atau kelurahan begitu penting bagi TNI,”

“Jadi selain tugas kami sebagai pengamanan. Kami di Kodim 0905 Balikpapan turut menyuarakan kepada masyarakat supaya masyarakat bisa berperan aktif untuk mengikuti Pilkada di Balikpapan.”

Comments

comments

About glen

Check Also

Update 20 September 2020 : Bertambah 36 Kasus Positif Covid-19 di Balikpapan, 2 Kasus Meninggal

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Balikpapan hari ini kembali bertambah. Laporan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.