KPU Balikpapan Sosialisasi Seputar Pemilu 2024, Dihadiri 18 Parpol

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Komisi Pemilihan Umum Kota Balikapan memberikan sosialisasi seputar pemilihan umum (pemilu) terhadap sejumlah partai politik, Minggu (31/7/2022).

Dimana sedikitnya ada 18 partai politik yang terdaftar di Kesbangpol dan hadir dalam sosialisasi tersebut ditambah sejumlah pemangku kepentingan lainnya.

Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha mengatakan, sosialisasi tersebut secara fokus membahas mengenai pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta pemilu anggota DPR dan DPRD.

“Meskipun agenda pemilihan dikhususkan bagi anggota DPR RI, KPU dinilai perlu untuk melakukan sosialisi terhadap kepengurusan partai politik di tingkat Kabupaten/Kota,” ujar Noor Thoha.

Menurutnya, kepengurusan di tingkat Kabupaten/Kota merupakan garda terdepan dalam menyiapkan keanggotaan.

“Makanya mereka harus tau, syarat apa yang disampaikan ketika seseorang akan direkrut menjadi anggota parpol,” ungkapnya.

Pihaknya melakukan sosialisasi ini dalam rangka mengejar waktu lantaran akan memasuki tanggal 1 Agustus yang dijadwalkan sebagai masa pendaftaran.

“Bagaimana partai politik mau mendaftar kalau KPU belum melakukan sosialisasi. Maka mau tidak mau, sebelum tanggal 1 kita lakukan,” akuThoha.

Dimana dirinya menyebutkan bahwa data ganda ini berpeluang terjadi baik di sekup internal maupun eksternal.

“Sekarang banyak partai politik yang pecahan dari partai politik induk. Otomatis potensi data ganda di internal itu ada, ganda eksternal pun ada,” ungkap Thoha.

Sebagai informasi, Thoha sempat menyebutkan bahwa ada partai politik di Balikpapan ada 18 yang terdiri dari 14 partai politik lama dan 4 partai politik baru.

Ia menjelaskan, hal yang disebut ganda internal ketika satu nama diinput sebagai anggota dalam aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) secara berulang-ulang.

Comments

comments

Baca juga ini :  Pemerintah Susun Regulasi Kriteria Jabatan yang Diisii PNS dan PPPK

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.