Home / iniFLASH / KPU Kota Balikpapan Sosialisasi Pilkada ke 4 Sekolah
KPU Kota Balikpapan saat sosialisasi ke sekolah

KPU Kota Balikpapan Sosialisasi Pilkada ke 4 Sekolah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Untuk mengejar target partisipasi pemilih pada pilkada 2020 mencapai 75-77,5 persen KPU Kota Balikpapan melakukan berbagai upaya. Salah satunya melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah.

Senin (27/01), KPU Kota Balikpapan melalui program KPU Goes To School, melakukan sosialisasi ke empat sekolah yakni SMK Negeri 3 Balikpapan, SMK Negeri 4 Balikpapan, SMK Negeri 5 Balikpapan dan SMA Negeri 8 Balikpapan.

Sosialisasi dilakukan saat upacara bendera dengan menjadi Pembina upacara. Empat Komisioner KPU Kota Balikpapan berbagi tugas. Noor Thoha bertugas di SMK Negeri 3, Syahrul Karim bertugas di SMK Negeri 4, Ridwansyah Heman bertugas di SMA Negeri 5 dan Yan Fauzi Wardana bertugas di SMK Negeri 8.

Dalam kesempatan itu ke empat Komisioner KPU Kota Balikpapan mengingatkan, para siswa khususnya mereka yang akan berusia 17 tahun pada 23 September tahun ini untuk berpartisipasi pada pilkada Kota Balikpapan.

“Adik-adik sekalian kan sebagian sudah berusia 17 tahun sekarang ini. Atau nanti pada saat pemilihan di 23 September sudah memasuki 17 tahun. Kalian memiliki hak untuk mengikuti Pilkada Kota Balikpapan,” ujar Ridwasnyah Heman, Komisioner KPU Kota Balikpapan Divisi Hukum

“Untuk itu pastikan diri kalian sudah terdaftar dengan mendatangi Pak RTnya atau silahkan datang ke kantor kelurahan tempat tinggal kalian,”

Namun sebelum memilih pasangan calon, Herman meminta para siswa yang punya hak untuk memilih untuk mem pelajari rekam jejak dan visi misi para calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota, agar nanti tak menyesal ketika telahmemilih.

“Nanti setelah ditetapkannya calon, kalian bisa mempelajari visi misi para calon. Kalian dapat dengan mudah membacanya hanya dengan membuka website resmi KPU Kota Balikpapan. Di sana nanti akan ada foto-foto para calon, nama dan visi misinya,” ujarnya.

“Silahkan dipelajari dan pilihlah sesuai hati nurani kalian. Saya berharap kalian ikut mencoblos dan manfaatkan hak kalian sebagai pemilih pemula,”

Dia mengungkapkan, selain memiliku hak untuk memilih, siswa yang berusia 17 tahun saat pencoblosan, juga diharapkan ikut mengawal proses perhitungan suara di TPS. Sehingga proses pemilu berjalan adil dan tak ada yang merasa dirugikan.

“Setelah mencoblos, kalian juga bisa melihat langsung proses penghitungan suara di TPS. Lihat dan simak baik-baik saat petugas KPPS saat melakukan penghitungan suara. Kalian memiliki hak untuk memperhatikan proses penghitungan suara tersebut,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan tanya jawab, KPU Kota Balikpapan menyediakan souvenir yang merupakan maskot pilkada 2020. Bagi siswa yang berhasil menjawab pertanya mendapatkan souvenit tersebut.

Comments

comments

About glen

Check Also

Gerak Cepat, Satgas Pamtas Gagalkan Kejahatan Human Trafficking Anak Dibawah Umur

SEBUKU, Inibalikpapan.com – Mendapat informasi dugaan adanya penculikan anak yang didapat dari masyarakat, Satgas Pamtas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.