KPU Mulai Lakukan Sortir dan Pelipatan Surat Suara

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — KPU Kota Balikpapan mulai menyortir surat suara Pilkada Balikpapan 2020. Sebanyak 50 orang petugas melakukan penyortiran sekaligus melipat kertas suara dengan target rampung selama lima hari kerja.

“Hari ini yang bertugas sortir 50 orang. Harapan kami satu orang dapat sortir dan lipat 2000 lembar surat setiap harinya,” kata Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha pada Senin (23/ 11/ 2020).

Thoha mengatakan langkah pertama dalam sortir surat suara adalah memastukan jumlah surat suara yang dikirim sesuai pesanan yaitu 444.999 lembar. Setelah itu di sortir apakah kualitas surat suara sesuai pesanan, baik kualitas kertas, kualitas warna dan kerapian hasil cetak.

“Kita cek juga kualitasnya, seperti warna harus jelas tidak ada yang buram, kemudian gambar nya tidak ada bercak-berca, kertas suara potongannya simetris. Seperti itu,” kata Thoha.

“Akan kita lihat setelah hasilnya sempurna, maka kertas suara akan kita lipat dan kita sesuaikan dengan jumlah per TPS kita akan packing 25 25,” kata Thoha menambahkan.

Thoha mengatakan jika jumlah suara lebih atau kurang dari yang diminta, maka akan dibuat berita acara. Termasuk juga jika ditemukan surat suara yang rusak atau kualitasnya tidak sesuai dengan pesanan.

“Kalau kurang nanti kita catat hitung kurang kirim termasuk juga kitabgabung laporannya dengan kalau ada yang cacat ada berapa kita kirim dan agar diganti segera oleh perusahaan percetakannya,” ujar Thoha.

Thoha juga memastikan dalam kegiatan sortir surat suara pihaknya mengedepankan penerapan protokol Covid 19. Petugas sortir sebelumnya menjalani rapied test. Saat kegiatan sortir surat suara, meja antar penyortir diatur jaraknya sedemikian rupa.

“Kemaren saat rapied tes ada yg raktif tujuh orang jadi tidak kita perbolehkan ikut sortir surat suara,” tutupnya.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Koramil Amuntai Utara Bantu Distribusi Sembako Kepada Korban Banjir

AMUNTAI, Inibalikpapan.com — Koramil 1001/06 Amuntai Utara membantu pendistribusian bantuan terhadap masyakarat Desa Pimping yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.