TNI AL Lanal Balikpapan dengan menggunakan Kapal Patkamla Lamaru,

Lanal Balikpapan Tabur Bunga di Teluk Balikpapan

BALIKPAPAN, Ininalikpapan.com – Lanal Balikpapan menggelar upacara  ziarah dan tabur bunga di Teluk Balikpapan. Hal itu dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudra.

Dipimpin langsung Danlanal Balikpapan Kolonel Laut Pelaut Wahyu Cahyono, kegiatan tersebut, dilaksanakan tepat di lokasi tenggelamnya KRI Hang Tuah yang tenggelam saat memberantas pemberontakan permesta di Kalimantan.

Peristiwa itu terjadi pada 15 Januari 1962 atau  tepatnya 58 tahun lalu, dimana ketika itu terjadi pertempuran laut Arafuru  yang menewaskan Laksamana Madya TNI Yosaphat Soedarso yang gugur di atas KRI Macan Tutul setelah ditembak oleh kapal patroli Hr. Ms. Eversten milik armada Belanda.

kegiatan ini diikuti seluruh personel TNI AL Lanal Balikpapan dengan menggunakan Kapal Patkamla Lamaru, peserta zirah dan tabur bunga ini menuju lokasi tabur bunga yakni lokasi tenggelamnya KRI Hang Tuah

Dimana pada 28 April 1958, KRI Hang Tuah tenggelam terkena dua buah bom dalam sebuah serangan oleh pesawat pembom douglas b-26 invader milik Permesta yang dikemudikan oleh pilot bayaran Amerika Serikat Allen Lawrence Pope di perairan Teluk  Balikpapan.

Wahyu Cahyono dalam kesempatan itu bmengatakan, Hari Dharma Samudera  dilakukan untuk mengenang peristiwa pertempuran laut Arafuru yang terjadi beberapa puluh tahun silam.

Peringatan ini, lanjut Wahyu juga diharapan dapat membangkitkan rasa kecintaan generasi muda Indonesia akan dunia bahari.

Comments

comments

Baca juga ini :  Si Sexy LEXI Jadi Pilihan Teman Berkendara Anya Geraldine

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.