Ilustrasi pendidikkan / pelajaran.co.id

Mata Kuliah Pancasila dan Bahasa Indonesia Wajib di Jenjang Pendidikkan Tinggi

JAKARTA, Inibalikpapan.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menegaskan bahwa mata kuliah Pancasila dan Bahasa Indonesia tetap menjadi mata kuliah wajib di pendidikan tinggi.

Hal itu setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mensahkan Peraturan Pemerintah Nomor 57 tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Demikian disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Biro Kerja sama dan Hubungan Masyarakat (BKHM) Kemendikbud Hendarman dalam siaran persnya.

 “PP Nomor 57 tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan (PP SNP) merupakan mandat dan turunan dari Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas). Ketentuan mengenai kurikulum pendidikan tinggi pada PP SNP mengikuti UU Sisdiknas,” ujarnya

Hendarman juga menjelaskan bahwa di sisi lain secara hukum, Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi juga tetap berlaku dan tidak bertentangan dengan UU Sisdiknas maupun PP SNP.

“Sehingga kembali kami tegaskan bahwa mata kuliah Pancasila dan Bahasa Indonesia tetap menjadi mata kuliah wajib di jenjang pendidikan tinggi,” pungkasnya.

Baca juga ini :  Timo Targetkan Pekan Depan Skuat Persiba Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.