Rapat koordinasi persiapan ujicoba aplikasi sirekap yang digelar KPU Kota Balikpapan

Minggu Siang Ujicoba Sirekap Dimasing-masing TPS se-Indonesia

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – KPU akan melakukan ujicoiba aplikasi Sistem Rekapitulasi Suara Elektronik (Sirekap) se-Indonesia pada Minggu (29/11) siang. Hal itu disampaikan Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha.

“Jam 2 siang langsung diujicoba secara nasional seluruh Indonesia di TPS masing-masing,” ujarnya, dalam rapat koordinasi persiapan pemantapan penggunaan sirekap nasional. Sabtu malam (28/11/2020).

Dia mengatakan, ujicoba aplikasi sirekap dilakukan karena masih banyak kalangan yang meragukan bisa dioperasikan pada saat pilkada serentak 9 Desember 2020. “Targetanya sirekap ini bisa dioperasikan,” ujarnya.

“Karena selama ini masih banyak yang meragukan apakah sirekap ini bisa dioperasikan atau tidak. Besok akan diujicoba secara nasional,”ungkapnya.

KPU Kota Balikpapan pun menggelar bimbingan teknis (bimtek)  persiapan pemantapan pengunaan sirekap nasional. Karena masih banyak Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang belum mengetahui cara mengoperasikannya.

“Malam ini itu pemantapan persiapan aplikasi sirekap. Jadi karena sirekap ini hal yang baru belum semua PPS mendapat ilmunya, jadi hari ini di bimtek bagaimana mendownlod sirekap, cara mengoperasikan sirekap,” ujarnya.

Sementara terkait rapid test massal Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Thoha menambahkan, bagi yang hasilnya reaktif akan dilakukan rapid test kembali. Jika reaktif lagi akan langsung di swab.

“Yang reaktif nanti akan di rapid test ulang hari senin, kalau di rapid test ulang masih rapid maka akan di swab. Nanti kalau positif terpapar baru kita ganti,” tukasnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Kantor Disporapar Balikpapan Ditutup, Dua Pejabat Utama Terpapar Covid-19

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan terpaksa menutup sementara Kantor Dinas Pemuda, Olahraga dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.