Ketua KPK Firli Bahuri. (Suara.com/Novian)

Nasib Firli Bahuri Bakal Ditentukan Hari Ini, Dibawa ke Sidang Etik Atau Tidak

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Nasib Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri akan ditentukan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK), Jumat (8/12/2023) hari ini.

Firli Bahuri diduga melanggar etik dan telah ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan kasus pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo

Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris mengatakan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap Firli dalam dugaan pelanggaran etik.

“Rencananya Jumat pagi ini, Dewas KPK melakukan pemeriksaan penduhuluan atas dugaan pelanggaran etik Pak FB (Firli),” ujar Syamsuddin Haris dilansir dari suara.com jaringan inibalikpapan.

Pemerikaaan pendahulan tersebut dilaksanakan Dewas KPK secara tertutup, guna memutuskan layaknya atau tidaknya dua perkara Filri lanjut ke persidangan etik.

“Akan diputuskan apakah kasus FB lanjut ke sidang etik atau tidak,” kata Syamsuddin.

Sejauh ini, pemeriksaan terhadap sejumlah saksi dalam perkara Firli disebut Syamsuddin sudah cukup. Total ada sekitar 30 orang yang diperiksa, termasuk Syahrul Yasin Limpo.

Terbaru, mereka juga sudah memeriksa Firli untuk keduanya kalinya pada Selasa 5 Desember 2023. Sementara rencana konfrontasi antara Firli dan SYL urung dilakasanakan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi Widodo telah memberhentikan sementara Firli menyusul penetapannya sebagai tersangka dugaan pemerasan ke SYL. Jokowi menunjuk Nawawi Pomolango sebagai ketua KPK sementara.

“Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keppres Pemberhentian Sementara Ketua KPK Firli Bahuri, sekaligus menetapkan Nawawi Pomolango sebagai Ketua Sementara KPK,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana

“Keppres ini ditandatangani oleh Presiden Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat malam, 24 November 2023, setiba dari kunjungan kerja dari Kalimantan Barat,”

Firli Bahuri resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Polda Metro Jaya pada Rabu (23/11/2023) lalu. Setelah resmi tersangka, Firli juga telah dicekal ke luar negeri.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.