Salah satu warga BInaan Rutan Balikpapan saat pilkada ikut mencoblos

Pasangan Sofyan Hasdam – Rizal Effendi Unggul di Rutan Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pasangan Rizal Effendi – Sofyan Hasdam unggu di TPS 040 Damai Bahagia atau rumah tahanan (rutan) Klas II B Balikpapan. Pasangan nomor urut 1 itu meraih 151 suara.

“Kalau pasangan nomor urut 2 (Jaang-Ferdi) dapat 32 suara, pasangan nomor urut 3 (Isran-Hadi) meraup 79 suara dan pasangan nomor urut 4 (Rusmadi-Safaruddin) memeroleh 37 suara,” ujar Ketua KPPS 040 Damai Bahagia, Sumaryo

“Surat suara yang tidak sah itu ada 20 karena ada yang tidak mencoblos, cuma datang ke bilik lalu surat suaranya tidak diapa-apakan. Ada juga yang mencoblos keempat pasangan calon,”

Menurutnya, di TPS 040 Damai Bahagia itu jumlah DPT 504. Namun, jumlah itu berkurang sebanyak 123 pemilih dikarenakan telah bebas masa tahanan atau mutasi ke rutan lainnya.

“Jadi sisa DPT 381 pemilih, tapi yang mencoblos hanya 319 pemilih. Sisanya tidak ikut dan kami pun tidak bisa memaksa karena itu hak mereka,” ujarnya.

Sementara sejumlah warga binaan yang di wawancara enggan mengaku, memilih karena poster yang di tempal di rutan. Meski mereka pun tak menegnal langsung pilihannya tersebut.
“Yang saya pilih rahasia dong, Mas. Mau tahu aja ya. Yang pasti saya berharap, pilihan tadi memberikan yang terbaik, Mas. Meski saya juga nggak pernah lihat langsung calonnya. Cuma tahu dari poster yang di tempel di sini saja,” ucapnya.

“Senang sih, Mas. Ini pertama kali saya mencoblos di sini (Rutan), sebelumnya setiap pemilu ya mencoblosnya di luar,” kata Risna (29) salah satu warga binaan.

Senada Idansyah (38) warga binaan lainnya justru mengungkapkan, mereka kurang mendapat sosialisasi sehingga tidak banyak mengetahui visi misi dari empat pasangan calon tersebut.

Baca juga ini :  Bosan di Rumah, Ibu Muda Ini Pilih Bisnis Sabu di Rumah Tahanan

“Alhamdulillah, saya tahu sosok calon yang saya pilih. Mudahan apa yang dijanjikan dalam poster visi misi itu direalisasikan,” ujarnya

“Kita tahunya kemarin, waktu datang orang KPU melakukan sosialisasi ke sini. Itu juga cuma sekali saja. Nggak ada satu pun paslon atau timnya yang sosialisasi.”

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.