Pelabuhan speed boat-Kampung Baru, insert maket pelabuhan yang akan dibangun.(foto: Andi)

Pembangunan Dermaga Kampung Baru Diikuti Penataan Kawasan  Pemukiman

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com-Untuk membangun dermaga/Pelabuhan Kampung Baru yang jauh lebih representatif dan modern, dibutuhkan anggaran sekitar Rp75 miliar.

Pemerintah kota melalui Dinas Perhubungan Kota telah menyelesaikan perencanakan pembangunan pelabuhan penumpang dan barang di area pelabuhan speed kampung Baru Tengah, Balikpapan Barat, melalui  DED yang selesai pembuatan pada Desember 2015 lalu.

Maket dermaga tampak dari atas.(foto: Andi)
Maket dermaga tampak dari atas.(foto: Andi)

Kadishub Kota Sudirman Djayaleksana mengatakan mekanisme pembiayaan bisa  mengguna pola tahun jamak/multiyears yang jika disetujui dapat dialokasikan pada 2016 perubahan. Tentunya dengan bantuan dana  dari pusat.
“ Dari DED itu kalau dari depan (dekat pasar) itu sekitar Rp 75 miliar. Itu dari depan nanti satu kesatuan dengan pasar , jalur jalan dan dermaganya. Kalau pasar itu nanti diredesign oleh dinas pasar. Cuma dari pembangunan itu nanti satu kesatuan,” jelasnya.

Maket kantor pengelola. (foto: Andi)
Maket kantor pengelola. (foto: Andi)

Dari maket dan design yang dimiliki Dishub, tampak kemewahan, kenyamanan dan faktor keselamatan jauh lebih terjamin. Dermaga akan terhubung dengan kawasan jalan masuk termasuk pembenahan pasar.
” Jadi masyarakat yang mengunakan akses laut ini benar-benar merasakan kenyamanan dan keamanan yang lebih baik,” katanya.

Disamping itu, ada pemikiran yang telah dituangkan dalam konsep untuk mengintegrasikan/menghubungkan penataan kawasan dermaga dengan pemukiman dan akses jalan beton perkampungan atas air jalan Sepaku yang berjarak kurang lebih 900 meter dari Dermaga.

” Itu ide kita yang coba kita buat saling terhubung. Nantinya di kawasan pemukiman itu akan dibuat konsep rumah susun 2-3 tingkat denga ruang terbuka bagi penghuni,” ungkap Kepala PU Tara Alorante.

Pemikiran dan ide pengembangan itu kata Tara pengerjaan terpisah dengan Dermaga. Namun konsep itu akan dituangkan dalam RPJMD 2016-2021.” Itu ide yang coba kita tuangkan dalam RPJMD berikut untuk penataan kawasan pesisir. Tentu konsep RPJMD menunggu walikota dan wakil walikota terpilih itu dilantik ,” tukasnya. (Andi)

Baca juga ini :  Anggaran Terbatas, Biaya Mahal, Pemasangan PJU Hanya Lokasi Prioritas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.