Simpang lima Muara Rapak Balikpapan

Pembangunan Jalan Layang Muara Rapak Dijanjikan Dalam APBD Perubahan Kaltim

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi memastikan pembangunan fly over atau jalan layang Muara Rapak dalam APBD Perubahan Kaltim 2021. Rizal menyatakan sudah disetujui DPRD dan Pemerintah Provinsi Kaltim.

“Sudah disetujui, tapi pelaksanaannya nanti akhir tahun. Kita tunggu. Ya di APBD Perubahan Kaltim,” ujar Rizal Effendi, Selasa (09/02).

Bahkan kata dia, Wakil Ketua DPRD Kaltim juga sudah menyatakan hal yang masa dilakukan dalam APBD Perubahan Kaltim. “Sudah diputuskan, kita tunggu. Kemarin Wakil Ketua DPRD Kaltim Pak Sigit Wibowo sudah menyatakan sama,” ujarnya.

Untuk menghindari tabrakan beruntun yang kerap terjadi di Simpang Lima Muara Rapak, Rizal kembali mengingatkan pengendara roda aempat dan roda dua agar berhati-hati. “Ya harusnya hati-hati jalannya,” ujarnya lagi.

Sebenarnya, pembangunan jalan layang Muara Rapak sebenarnya sudah direncanakan mulai 2010 lalu. Namun kerap tertunda karena menyangkut anggaran. Bahkan pada 2014 lalu sudah sempat dibuat detail engineering design (DED, namun lagi ditunda.

Pada 2020 kemarin, sempat direncanakan akan dikerjakan pada awal tahun melalui APBD Kaltm 2021. Namun tiba-tiba tertunda lagi setelah badai covid-19. Kini dijanjikan sebelum akhir tahun, karena membutuhkan alokasi anggaran yang sangat besar.

Jika terealisasi jalan layang tersebut, akan dibangun dari Jalan Soekarno – Hatta depan Plaza Ramayana hingga Jalan Ahmad Yani sepanjang 550 meter dan estimasi anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp 214,7 miliar.

Comments

comments

Baca juga ini :  Mantan Wali Kota Balikpapan Dimintai Keterangan dalam Kasus Dugaan Korupsi Pengadaan Lahan TPA Manggar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.