Andi Sri Juliarty

Pemeriksaan Cerviscan Bisa Di Puskesmas, Masih Dibatasi Jumlahnya

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Pemeriksaan Cerviscan yakni diagnostik  kanker serviks sudah dapat dilakukan di seluruh puskesmas di Balikpapan. Pemeriksaan ini baru aktif dilaksanakan sejak Januari 2024

Deteksi dini terhadap kanker serviks ditujukan kepada perempuan usia produktif di Kota Balikpapan, melalui urine. Sampel urine akan diperiksa menggunakan mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) dengan reagen.

Kepala Dinas Kesehatan Kota  (DKK) Balikpapan, Andi Sri Juliarty menyampaikan bahwa alat reagen pemeriksaan Cerviscan di Kota Balikpapan masih terbatas. 

“Kami hanya memiliki 14 ribu reagen. Targetkan dapat selesai di bulan Agustus 2024,” jelasnya kepada media, di Balai Kota pada Senin (29/1/2024).

Dio mengatakan yang menjadi kendala apabila menyimpan banyak reagen untuk pemeriksaan  Cerviscan dikarenakan media penyimpanan yang terbatas dan alat PCR pun hanya mempunyai satu. “Itu kendalanya,” ungkapnya.

Oleh karena itu, DKK memberikan setiap puskesmas untuk 15 orang dalam satu minggu. “Silahkan ada hari-hari tertentu, puskesmas membuka layanan itu,” terangnya.

Tak hanya itu, kemampuan mesin pemeriksaan hanya mampu memeriksa 384 sampel dalam seminggu, sehingga pemeriksaan harus dibatasi.

Pengambilan urine dilakukan di puskesmas, kemudian urine tersebut dibawa Labkesda ke untuk dilakukan pemeriksaan.

Apabila ditemukan positif berarti itu menunjukkan jika terdapat virus, tetapi belum bisa dipastikan terkena kanker. Puskesmas akan merujuk ke dokter spesialis, untuk memastikan kebenaran ada kanker atau tidak dengan cara pap smear. 

“Jadi masih ada pemeriksaan lanjutan. Bukan berarti pemeriksaan urine positif, dia langsung kanker serviks. Pemeriksaan itu untuk mendeteksi virusnya,” ujarnya.

Adapun hasil pemeriksaan dari Labkesda baru bisa diterima pasien kurang lebih 3 hari hingga satu minggu.

Ia menjelaskan pemicu utama kanker serviks, disebabkan perilaku seksual yang tidak sehat, bergonta ganti pasangan termasuk sanitasi yang kurang bersih.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.