Pemkab Kukar Gandeng Universitas Cambridge Press Inggris

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kabupaten Kukar Kertanegara (Kukar) tahun ini kembali menjalin kerjasama dengan University Cambridge Press Inggris. Kerjasama itu untuk meningkatkan SDM khususnya bidang guru bahasa Inggris terutama cara mengajar sesuai standar internasional,

Kerjasama itu juga telah dilakukan tahun kemarin dengan mengirim 40 guru bahasa Inggris ke Negara David Becham tersebut. Tahun ini dari 40 orang yang lolos seleksi, sebanyak 24 guru kembali akan dikirim kembali ke Inggris.

“Nantinya 24 orang yagn dilatih lebih pada level expert. Memang defisit tapi biaya yang diajukan Cambridge tidak kami kurangi satu rupiahpun. Karena kami fokus, anggaran yang dialokasi Rp 21 miliar,” kata Bupati Kukar Rita Widyasari.

“Bukan hanya kursus bahasa Inggris tapi bagaimana cara mengajar bahasa Inggris sesuai standara Internasional,” katanya.

Rita juga menegaskan akan menjadikan Kukar sebagai percontohan pendidikan bahasa Inggris di Indonesia. Karaena itu sejak 2016 lalu, Pulau Kumala dijadikan English Zone. Yakni siapapun yang masuk ke pulau itu harus menggunakan bahasa Inggris.

“Itu dikelola yayasan ada yang menangani. Kita sudah siapkan lamin agar anak-anak bisa belajar. Jadi siapa saja boleh bergabung membuat grup. Kalau anda melewati line ini harus berbahasa Inggris tapi belum semua ditangani semua karena banyak sekali yang datang,” ujarnya.

“Kenapa kita pilih pulau kumala. Kalau parae ini kan desa khusus bahasa Inggris. Kalau Kumala wadah khusus, kita datang berbahasa Inggris. Seperti tempat saja kita wajibkan orang masuk berbahasa Inggris. Kita berikan semacam atmosfir semangat. Kedepan kita kan bangun learning center di pulau Kumala jadi bisa dipamerkan modul-modul bahasa sehingga bahasa Inggris bukan lagi jadi bahasa asing tapi jadi familiar.”

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.