Kota Balikpapan masuk zona merah covid-19

Pemkot Balikpapan Tetap Komitmen Tak Izinkan Penambangan Batu Bara

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud nampaknya tetap berkomitmen mengikuti pendahulunya tidak akan mengeksploitasi kandungan batu bara yang ada.

Kota Balikpapan menjadi satu-satunya daerah di Kaltim bahkan Kalimantan yang memang tak mengizinkan adanya penambangan batu bara sejak puluhan tahun.

 “Di Balikpapan ada potensi batu bara 50 persen itu mengandung batubara dengan kualitas yang sangat bagus,” ujar Kepala Bappeda Kota Balikpapan Agus Budi, dalam diskusi publik yang diselenggarakan Kahmi Balikpapan mengenai Membangun Tata Kelola Energi dalam Perspektif Penyelenggaraan Pelayanan Publik, Rabu malam (23/06/2021).

“Tetapi alhamdulilah para pemimpin kita mengambil kebijakan eksploitasi terhadap batubara yang ada di Kota Balikpapan,”tuturnya.

Dia mengungkapkan, memang akan sangat berbahaya jika mengeksploitasi batu bara seperti daerah lain di Kaltim. Karena dampaknya akan terjadi kerusakan lingkungan yang fatal.

“Kalau di eksploitasi kita bisa membayangkan kondisi saat ini yang dialami oleh kabupaten kota lain yang ada di luar Balikpapan,” ujarnya

“Barangkali akan banyak perusahaan tambang, barangkali akan banyak banjir atau barangkali kita akan kekuirangan air bersih,”katanya.

Apalagi lanjutnya, kandungan batu bara justru banyak ditemukan dikawasan Hutan Lindung Sungai Wain (HLWS) maupun Hutan Lindung sungai Manggar (HLSM).

“Karena sebagain besar potensi batubara itu berada di kawasan hutan lindung sungai Wain dan Hutan lindungn Sungai Manggar’,” tambahnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Segel Dokumen Terbuka, Warga Bisa Komplain ke Gojek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.