Kantor Wali Kota Balikpapan

Pemkot Bangun Gedung Layanan Anak berkebutuhan Khusus

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan tahun ini membangun gedung Layanan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di eks gedung Puskesmas Damai. Anggaran yang dialokasikan mencapai Rp 10 miliar.

Pelaksana Tugas Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Suheriyono mengatakan, tahun ini gedung tersebut ditargetkan rampung.  Pembangunan layanan ABK tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat, mengingat kebutuhannya cukup tinggi.

“Anggaran untuk pembangunan abk telah dianggarkan oleh pemerintah kota tahun ini. Ada dianggarkan Rp10 miliar. Fasilitas dan alat, tim medis sudah siap hanya gedungnya saja yang masih tahap pembangunan,” ujarnya.

“Alasan dibangunnya karena untuk melakukan pelayanan kesehatan itu cukup banyak dan mahal biaya pengobatan. Kita mencoba memberikan pelayanan. Nanti pelayanan sebagian gratis dan ada juga bayar sesuai retribusi,”

Dia mengungkapkan, jika pembangunannya rampung maka gedung Layanan ABK menjadi satu-satunya di Kaltim. Pengelolaannya sendiri nanti dikelola langsung oleh pemerintah kota karena masih dibawah koordinasi dengan Puskesmas Damai.

“Gedung layanan abk ini berada di Kelurahan Damai yang dulunya merupakan Puskesmas Damai. Nanti pengelolaannya dibawah koordinasi Puskesmas Damai. Puskesmas Damai sebelumnya punya layanan itu, karena banyak yang melakukan terapi sehingga dibangunkan gedung tersendiri,” ujarnya.

 “Pelayanan di tingkat dasar diharapkan mampu mendeteksi dini dan memberikan pelayanan kesehatan pada ABK agar dapat bertumbuh kembang secara optimal,”

Saat ini, Layanan ABK yang saat ini di Puskesmas Damai beroperasi Senin hingga Sabtu dengan enam terapis. Terdapat 10 ruangan yang berfungsi sebagai ruang konsultasi, empat ruangan terapi, ruang sosialisasi, dan sebagainya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Warga di RT 11 Kelurahan Damai Balikpapan Swadaya Penanganan Covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.