Mafia Tanah / ilustrasi

Penjabat BPN Jakarta Diamankan Terkait Mafia Tanah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Penjabat Badan Pertahanan Nasional (BPN) Jakarta inisial PS diamankan Polda Metro pada Selasa (12/7/2022) malam.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi menyebut PS ditangkap di Depok, Jawa Barat. Diduga terkait sindikat mafia tanah.

“Saudara PS yang merupakan salah satu pejabat di BPN kota Jakarta telah kami tangkap di Depok,” kata Hengki dilansir dari laman suara.com jaringan inibalikpapan.com

Hengki menyebut masih ada tersangka lainnya yang merupakan pejabat BPN. Saat ini kata dia, penyidik diklaim tengah melakukan upaya penangkapan.

“Masih ada lagi tersangka lainnya yang notabene juga merupakan pejabat BPN yang akan segera kami lakukan penangkapan kembali,” katanya.

Menurut penuturan Hengki, detail dari pada peran tersangka akan di ekspose dalam waktu dekat ini.  

“Tentunya Keberhasilan pengungkapan ini tidak lepas dari dukungan semua pihak khususnya Satgas Mafia Tanah Kementerian ATR/BPN RI yang terus berkoordinasi instens dengan kami penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya,“ kata dia.

Terpisah, Kasubdit Harda Ditreskrimum AKBP Petrus Silalahi menyebut PS pernah menjabat sebagai Ketua Adjudikasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau PTSL di wilayah Jakarta.

Pengungkapan dan penangkapan tersangka dalam kasus ini menurutnya dilakukan selama hampir satu bulan terakhir.

“Tersangka PS yang pada saat melakukan tindak pidananya, tersangka menjabat sebagai Ketua Adjudikasi PTSL di salah satu kantor BPN di wilayah kita Jakarta. Penangkapan yang dipimpin oleh Kanit 1 AKP Mulya Adhimara,” ungkap Petrus.

Sejauh ini, kata Petrus, Subdit Harda Ditreskrimum Polda Metro Jaya total telah menetapkan 20 orang tersangka sindikat mafia tanah. Sindikat ini diduga banyak melibatkan pegawai Aparatur Sipil Negara atau ASN.

Baca juga ini :  Danlanud Balikpapan Tinjau Perumahan, Mes Dan Tanah Milik TNI AU
Ini pencarian Populer:Langkah bpn mencegah terjadinya lagi kasus mafia tanah

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.