Pertamina Akan Gelar KPI Goes To Campus, Yuk Daftar

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com –  Kota Balikpapan dikenal dengan Kota Minyak. Hal ini ditandai dengan pengeboran pertama sumur minyak di kota Balikpapan yang dimulai pada 10 Februari 1897. Tanggal ini kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Kota Balikpapan.

Salah satu bagian dari industri perminyakan itu adalah keberadaan Kilang. Untuk semakin memperkenalkan industri pengolahan minyak dan petrokimia, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan akan mengelar kegiatan KPI Goes To Campus.

Demikian disampaikan oleh Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin. (Rabu, 27/10). Karena keberadaan kilang Pertamina di Balikpapan memiliki fungsi yang strategis.

“Kilang ini telah dikelola oleh Pertamina sejak tahun 1966. Pada waktu itu namanya Permina. Pada tahun 1980, Pertamina melakukan peningkatan kapasitas produksi dengan membangun Kilang Balikpapan II, hingga saat ini RU Unit Balikpapan telah memiliki kapasitas produksi 260 ribu barrel per hari,” jelas Chandra.

Produk RU Unit Balikpapan, menurut Chandra terutama ditujukan untuk mencukupi kebutuhan Bahan Bakar Minyak di wilayah Kalimantan dan Indonesia Bagian Timur.

“Selain memproduksi BBM, RU Unit Balikpapan juga mampu menghasilkan produk-produk dengan kualitas tinggi diantaranya High Speed Diesel 50ppm (HSD 50 ppm), Net Bottom Fractionator (NBF), Smooth Fluid (SF) 05, Low Aromatic White Spirit (LAWS) dan Marine Gasoil (MGO) Low Sulfur,” kata Chandra.

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan BBM berkualitas tinggi, saat ini Pertamina juga sedang melakukan upaya peningkatan kapasitas dan kompleksitas produk RU Unit Balikpapan melalui program pengembangan kilang. Nantinya kapasitasnya akan meningkat menjadi 360 ribu barrel per hari.

“Industri pengolahan tentu saja mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, oleh karena itu kami ingin mengajak mahsiswa khususnya se Kota Balikpapan untuk mengikuti kegiatan KPI Goes To Campus,” ajak Chandra.

Baca juga ini :  Sembunyi di Hutan, Suami yang bakar Istrinya Dibekuk

Pada kegiatannya nanti, materi secara langsung akan disampaikan oleh salah seorang Direksi PT KPI yaitu Direktur Keuangan. Kegiatan dimaksud kata Chandra akan dilaksanakan secara daring pada tanggal 29 Oktober 2021 nanti.

“Bagi kami mahasiswa se Balikpapan silahkan mendaftar melalui link https://bit.ly/registrasikgtc. Para mahasiswa dapat mengikuti ketentuannya dalam link tersebut. Untuk informasi pelaksanaan kegiatan tersebut dapat juga dilihat di IG @pertamina_ru5 ” jelas Chandra.

Selain diisi dengan materi dari manajemen PT KPI, nantinya juga akan hadir pembicara lain yaitu Putri Indonesia Kalimatan Timur 2016 Novita Adipati Chandra.

“Narasumber ini akan menyampaikan materi meningkatkan kualitas dan personal untuk memenangkan kompetisi di dunia kerja. Tentu materi-materi yang akan disampaikan oleh seluruh narasumber sangat sayang untuk dilewatkan,” tutup Chandra.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.