Home / iniFLASH / Pleno Kecamatan Selesai, KPU Balikpapan Targetkan Pleno Tingkat Kota Rampung Dalam Dua Hari
Rapat Pleno KPU Kota Balikpapan

Pleno Kecamatan Selesai, KPU Balikpapan Targetkan Pleno Tingkat Kota Rampung Dalam Dua Hari

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com –  KPU Kota Balikpapan menargetkan dalam dua hari kedepan proses dan tahapan pemilu akan tuntas. Pasalnya, hanya tinggal menyisakan pleno ditingkat kota. Karena pleno ditingkat kecamatan sudah rampung, Minggu (05/05).

“Alhamdulilah untuk ditingkat PPK sampai hari ini sudah selesai, cuma ada dua PPK yang masih dalam proses  penyeleksian pemberkasan. Empat PPK sudah masuk kesini berkasnya,” ujar Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Toha.

“Dua PPK masih dalam perjalanan karena masih pemberkasan nanti sebentar lagi kita akan buka untuk pembacaan namanya di A1 ya, mulai dari Kecamatan Kota, Kemudian Tengah, Barat seterusnya sampai nanti di Selatan sesuai dengan dapilnya,”

Dia menargetkan untuk pleno ditingkat kota paling lama 7 Mei sudah rampung. Kecuali ada protes dari tim sukses ataupun celeg sehingga bisa molor. Namun kata dia, sesuai jadwal, penghitungan suara dan pleno di kabupaten kota 20 April – 07 Mei.  

“Biasanya dulu-dulu pleno itu gak sampai dua hari lah, sehari selesai. Mudah-mudahan nanti gak ada masalah.  Kalau gak ada masalah kan tinggal bacakan saja kan gitu . Kalau ada masalah itu yang akan kita urai, masalahnya dimana,” ujarnya.

“Pleno KPU itu dimulai tanggal 20 April sampai 7 Mei, itu aturan baru ini dalam hal PPK kecamatan belum selesaikan pleno nya, maka bisa diselesaikan paling lambat tanggal 7 Mei. Yang kemarin samp;ai tanggal 4 Mei ,”

“Jadi hari ini juga sudah pleno, yang masuk duluan di pleno kan, gak ada masalah itu. Yang masuk duluan di pleno kan sambil menunggu yang lainnya, sambil berjalan. Kalau nunggu komplit semua nanti gak jalan-jalan,”

Dia mengungkapkan, proses penghitungan dan pleno pemilu kali ini cukup memakan waktu, karena jumlah partai yang ikut pemilu cukup banyak. Belum lagi kali ini pemilu bersamaan, presiden, DPRD Kota, Provinsi, RI dan DPD.

“Karena pileg itu kan, terutama di DPRD Kabupaten kota ya memang parpolnya banyak, yang dihitung banyak, yang direkap banyak. Bayangkan untuk merekap satu kecamatan itu hampir 2 rim lho itu kertasnya itu yang ditanda tangan,” ujarnya

“Jadi disamping parpolnya banyak, berkasnya banyak yang ditandatangani. Tapi Insya Allah kita berharap selama-lamanya nanti subuh kita selesai sudah. Kita harapkan begitu, dia doakan saja mudah-mudahan lancar,”

Dia menambahkan, penhitungan suara dan pleno di Kota Balikpapan mungkin lebih cepat ketimbang Kota Samarinda. Karena jumlah kecamatannya cuma 6. Sementara di Samarinda cukup banyak. Meski jumah permilihnya hampir sama.

“Kita ini TPS nya yang banyak, keluarahannya cuma 34, kecamatannya cuma 6. Banyangin ya kayak Samarinda itu, DPT (daftar pemilih tetap) nya kurang lebih kita 400-500 ribu, tapi kecamatannya sampai 10, kelurahannya banyak nah ini yang membedakan. Makanya ketika selesai di kelurahan, kita ini di Kecamatan kan sebentar cuma 6,” ujarnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Giliran Pelaku UMKM Siap-Siap Dirapid Test

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Balikpapan akan melanjutkan skrining rapid test ke …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.