PMI Balikpapan Bakal Jadi Percontohan Nasional

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Balikpapan terus berupaya melengkapi sarana dan prasarana, khususnya menyangkut peralatan khususnya untuk menjaga stok donor darah yang dibutuhkan.

Apalagi tahun depan, PMI Cabang Balikpapan akan menjadi percontohan cara pembuatan darah yang baik dari Balai Pom, sehingga peralatan harus memadai. Hal itu disampaikan Ketua PMI cabang Balikpapan Dyah Muryani .

Pihaknya pun menguslkan anggaran ke Pemerintah Kota Balikpapan maupun Pemerintah Provinsi Kaltim untuk pengadaan peralatan penunjang tersebut. Targetnya paling lama tahun depan peralatan untuk donor darah telah memadai.  

“Yang kami usulkan anggarannya cukup besar Rp 3 miliar, untuk penambahan peralatan tahun depan. Kami usulkan ke Pemeriontah Provinsi dan Pemerintah Kota,” ujar Dyah.

Mantan Kepala DInas Kesehatan Kota Balikpapan itu mengungkapkan, beberapa peralatan yang dibutuhkan tersebut, diantaranya screening darah, Freezer atau penyimpanan darah agar kualitas darah lebih baik.

“Sekarang peralatan PMI untuk standar nasional sudah lengkap. Tapi kami ingin lebih canggih dan cepat itu merupakan standar nasional,” ujarnya

Dyah menambahkn, selain melengkapi sejumlah peralatan tersebut, PMI cabang Balikpapan juga  saat ini sedang melakukan pembangunan laboratorium di lantai 2 dengan anggaran mencapai Rp 271 juta dan rencananya hingga tahun depan.

Comments

comments

Baca juga ini :  Otoritas Arab Saudi Belum Izinkan Indonesia Masuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.