Relawan Mak Ganjar Kaltim bersama warga Bukit Pinang Samarinda menggelar pelatihan pemanfaatan lahan kosong/pekarangan dengan menanam sayuran hidroponik (18/1/2023).

Relawan Mak Ganjar Kaltim Gelar Pelatihan Manfaatkan Pekarangan Rumah Tanam Sayuran Hidroponik

SAMARINDA, Inibalikpapan.com – Relawan Mak Ganjar Kalimantan Timur (Kaltim) mengajak ibu-ibu memanfaatkan pekarangan rumah atau lahan kosong dengan menanam sayuran hidroponik.

Relawan Mak Ganjar juga memberikan pelatihan dan penyuluhan sekaligus pemberian bibit sayuran sawi kepada Ibu-ibu warga di Kelurahan Bukit Pinang, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

Pelatihan dan penyuluhan ini diharapkan, dapat membantu ekonomi keluarga sehingga kebutuhan sayur tidak lagi harus membeli di pasar. Bahkan hasil hidroponik bisa dijual.

Hal ini disampaikan Koordinator Mak Ganjar Kaltim Ernawati saat pelatihan dan penyuluhan menanam sayuran hidroponik di halaman rumah warga Bukit Pinang, Samarinda.

Menurutnya, lahan kosong atau pekarangan itu bisa dipakai ibu-ibu untuk menanam sayuran hidroponik.

“Kami ajarkan mereka bercocok tanam dengan cara hidroponik. Ini bisa dilakukan di pekarangan rumah atau lahan kosong yang tidak terpakai, ” kata Ernawati Siregar, Rabu (18/1).

Dengan memanfaatkan lahan tersebut, dia menyebut ibu-ibu bisa lebih hemat karena memasak sayur yang ditanam, tanpa membeli di pasar.

“Bahkan, sayuran itu bisa menghasilkan uang dengan dijual kembali. Tentu itu sangat membantu perekonomian keluarga,” ujar Ernawati.

Selain diajarkan cara bercocok tanam, para ibu-ibu peserta penyuluhan juga diberikan sayur sawi hidroponik yang bisa ditanam di rumah masing-masing.

“Kami sudah ajarkan caranya, dan kami berikan bibitnya agar ibu-ibu bisa langsung menanam di rumah,” kata dia.

Kegiatan itu sengaja digelar untuk membuktikan kepedulian Mak Ganjar kepada kaum ibu.

“Kami juga terinspirasi dari sosok Pak Ganjar Pranowo yang selama ini sangat peduli dengan perempuan, apabila mak-mak,” ucap dia.

Rahmawati (32), salah satu ibu-ibu peserta penyuluhan mengaku senang bisa terlibat dalam acara Mak Ganjar.

Dia pun berterima kasih karena mendapatkan ilmu baru dan bisa menanam sayuran hidroponik.

Baca juga ini :  Tingkatkan Sinergisitas TNI-Polri, Wakapolda Kaltim Hadiri Upacara Pembukaan Operasi Gaktib Yustisi 2021

“Terima kasih kepada Mak Ganjar dan Pak Ganjar Pranowo atas segala kepeduliannya,”katanya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.