Gedung DPR RI
Gedung DPR RI

Sebelum Akhir Tahun RKUHP akan Disahkan DPR

JAKARTA, Inibalikpapan.cm – Rancangan Kitab Undang Hukum Pidana (RKUHP) akan segera disahkan sebelum masa reses anggota DPR RI di pertengahan Desember tahun ini.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad. Anggota Fraksi Gerindra itu, menyatakan, pimpinan DPR telah menerima surat dari Komisi III.

“Ya menurut hasil komunikasi dengan Bu ketua DPR bahwa dalam waktu dekat kami akan rapimkan dan Insya Allah, sebelum kami memasuki masa reses di masa sidang ini RUU KUHP akan disahkan di paripurna DPR,” kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (25/11/2022).

Hanya saja, Dasco belum memastikan hari dan tanggal RKUHP itu dibawa dalam rapat paripurna. Karena masih perlu dikoordinasikan denan alat kelengkapan dewan (AKD)

“Mengingat waktu rapim dan bamus itu harus disinkronkan antara pimpinan DPR, pimpinan fraksi dan AKD,” kata Dasco.

Kamis (24/11/2022) kemarin, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir mengatakan pihaknya segera mengirimkan surat ke pimpinan DPR untuk melaporkan pengambilan keputusan tingkat I terhadap RKUHP.

Pada pengambilan keputusan tingkat I itu, Komisi III dengan pemerintah bersepakat untuk melanjutkan pembahasan RKUHP di tingkat II.

“Komisi III akan mengirimkan surat tentang kesepakatan putusan tingkat pertama RUU KHUP kepada DPR akan dikirimkan besok,” kata Adies usai rapat

Adies memahami kalau draf RKUHP tidak bisa memuaskan semua pihak. Meski begitu, Adies menekankan kalau RKUHP yang sudah disepakati DPR RI dengan pemerintah kali ini merupakan versi terbaik.

Terlebih menurut Adies, draf RKUHP kali ini tidak akan menyusahkan masyarakat seperti RKUHP sebelumnya.

“Jadi, mungkin masih ada beberapa masyarakat yang belum terpuaskan tapi kami sadar bahwa untuk menuju kesempurnaan itu sangat susah, menurut kami inilah RUU KUHP yang terbaik, yang ditunggu-tunggu, dan tidak membuat susah masyarakat daripada RUU kita yang lama. Paling tidak peninggalan kolonialisasinya sudah dihilangkan atau dihapus,”ujarnya

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.