Home / IniEKONOMI / Setelah 70 Tahun, Masyarakat Krayan Nikmati BBM Indonesia

Setelah 70 Tahun, Masyarakat Krayan Nikmati BBM Indonesia

KRAYAN, Inibalikpapan.com – Setelah 70 tahun Indonesia merdeka, wilayah Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kaltara kini memiliki Agen Premium dan Minyak Solar (APMS).

Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie resmikan penyaluran BBM perdana di krayan pada Jumat, 10 Juni 2016. Turut hadir dalam peresmian tersebut GM Marketing Operation Region VI, Mohammad Irfan berserta jajaran management Pertamina MOR VI.

Penyaluran ini menandai beroperasinya Agen Premium dan Minyak Solar PT Pertamina (Persero) di Krayan yang menjadi momentum hadirnya NKRI di Krayan dan Krayan Selatan, Kalimantan Utara. Hadirnya APMS di Krayan memberi makna penting setelah 70 tahun Indonesia merdeka, akhirnya penduduk Krayan dapat menikmati BBM secara legal.

Sebelumnya, kebutuhan BBM untuk Krayan diperoleh penduduk Krayan berasal dari Serawak, Malaysia secara illegal. Lokasi Krayan berjarak tempuh sekitar 1 jam 10 menit dari pusat perkonomian Tarakan dengan menggunakan moda pesawat.

IMG-20160610-WA0008BBM disalurkan Pertamina melalui jalur udara yang merupakan pilihan paling memungkinkan untuk dilakukan saat ini. Pertamina, kata Irfan, menyalurkan BBM sebanyak 200 KL per bulan yang terdiri dari 150 KL Premium dan 50 KL Solar.

“Dengan peresmian penyaluran yang dilakukan hari ini menandai komitmen akan tindak lanjut Pertamina untuk menjalankan peran sebagai kepanjangan tangan negara di Krayan yang sangat terisolir dan kesulitan untuk mendapatkan BBM,” ujar GM Marketing Operation Region VI Pertamina Kalimantan M Irfan.

BBM diangkut dari TBBM Tarakan ke Bandara Juwata, Tarakan untuk selanjutnya diangkut menggunakan Pesawat Air Tractor (AT802) menuju Bandara Yuvei Semaring, Long Bawan, Krayan. Dengan menggunakan Intermediate Bulk Containers, BBM kemudian diangkut menuju APMS CV Prima Energi di Kecamatan Krayan yang berjarak tempuh sekitar 3 KM dari Bandara.

Comments

comments

About andi amir

Check Also

Biaya Kampanye Paslon Rahmad-Thohari Rp5 Miliar

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Tim Paslon H Rahmad Mas’ud- Thohari Aziz telah menyampaikan besaran dana kampanye …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.