Sinergitas Kepolisian dan Perguruan Tinggi di Balikpapan Dalam Penanganan Kejahatan Kekerasan Seksual

Inibalikpapan.com, Balikpapan – Cegah Kekerasan Seksual terhadap mahasiswa, Bidang Humas Masyarakat (Bid Humas) Polda Kaltim gelar sosialisasi di UNMUL (Universitas Mulia) Balikpapan, Kamis (25/8/2022).

Sosialisasi dipimpin langsung oleh Plt Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Kaltim Kompol Made Pasek Riawan, S.H yang didampingi rektor UNMUL Balikpapan dan para narasumber Rio Dwi Setiawan S.Psi., M.Psi serta Achadiyanto.,S.H.,M.H.

Sinergitas Kepolisian dan perguruan tinggi dalam pencegahan dan penanggulangan kekerasan seksual tema yang dibahas dalam sosialisasi tersebut.

Plt. Kasubbid Penmas Kompol Made Pasek Riawan S.H mengatakan, sosialisasi ini untuk meningkatkan silaturahmi dan kemitraan terhadap akademisi guna menuju Polri yang Prediktif, Responsibilitas, Transparasi Berkeadilan (Presisi).

Tak hanya itu kegiatan tersebut dimaksudkan agar mahasiswa memahami seputar tindakan kekerasan seksual, batasan, macam-macamnya hingga cara menyikapinya.

Kasus kekerasan seksual bisa terjadi di mana saja dan melibatkan siapa saja. Bisa di kampus, luar kampus, di kos atau kontrakan bahkan terjadi secara virtual. Misalnya di kampus, bisa terjadi antar mahasiswa, antar dosen, antar tendik dan antar ketiganya, ujarnya.

Kami mengajak mahasiswa dan semua pihak untuk benar-benar menyadari adanya potensi dan berbagai jenis tindakan yang masuk kategori kekerasan seksual. Selain itu juga memahami jalur pengaduan yang aman dan sesuai regulasi.

“Jika di kampus atau di luar kampus, teman-teman mengalami atau mendapat perlakuan yang mengarah pada kekerasan seksual, mohon jangan dibiarkan, langsung laporkan kepada Polri,”ucap Kompol Made.(*)

Comments

comments

Baca juga ini :  Presiden Keluarkan Empat Instruksi Penanganan Bencana di NTT dan NTB

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.