Sosialisasi Kolom Kosong Harus Perhatikan Kaidah Hukum

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — KPU tidak mengatur kolom kosong dalam pilkada 2020 ini namun bagi pihak-pihak yang melakukan sosialisasi harus tetap memperhatikan kaidah hukum jangan sampai melanggar seperti fitnah, sara dan lainya.

“Karena tidak diatur KPU tidak bisa mengatur. Ada kaidah-kaidah  lain misalnya ITE tidak boleh memfitnah, tidak boleh mengangkat isu SARA. itu saja yang mengatur,” tandas Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha.

Karena tidak diatur maka, pihak-pihak lain hanya boleh melakukan sosialiasasi bukan kampanye. “Kalau sosialisasi silakan. Dalam aturan nggak kampanye yang ada adalah sosialisasi,”ujarnya.

Dia juga tidak membenarkan adanya tim kampanye kolom kosong. “Kalau tim kampanye adalah tim yang dibentuk oleh pasangan calon. Kalau kolom kosongkan tidak ada maka tidak ada tim kampanye,” jelasnya.

Terkait dengan sosialisasi pilkada, lanjut Noor semua pihak bisa melakukan baik perorang maupun lembaga dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih.”Tapi kalau kampanye calon hanya dilakukan oleh tim kampanye,” tukasnya.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Agus Amri : Sebagai Kepala Daerah Harusnya Tunduk Terhadap Aturan Netralitas

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kuasa Hukum Pasangan Calon (Paslon) Rahmad Mas’ud – Thohari Azis, Agus Amri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.