Kunjungan SKK Migas

Sumur GHSF yang Dikelola PHKT Mendukung Pengadaan 80 Persen Gas Tahun Ini

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – SKK Migas melakukan kunjungan kerja ke beberapa area operasi Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) diantaranya Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT).

Romobongan yang dipimpin Wakil Kepala SKK Migas, Fatar Yani Abdurrahman menijau sumur Sapi Gas Handling Surface Facility (GHSF), di Daerah Operasi Bagian Utara (DOBU) .

Sumur tersebut berada di Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kertanegara (Kukar). Dimana pengeborannya  telah dimulai pada 22 Desember 2021. Lebih cepat 1,5 tahun dari target awal 2023.

Sumur tersebut, menjadi sumur ke-7 yang dikelola PHKT dari sebelumnya 3 sumur. Targetnya menghasilkan produksi s sebesar 8 MMSCFD dan akan mencapai puncak produksi di angka 30 MMSCFD.

”Dengan total target 17 sumur baru di PHKT tahun 2022, harapannya dapat terealisasi seluruhnya hingga sejalan dengan total target SKK Migas untuk pengeboran pengembangan dan eksplorasi sebanyak 900 sumur di Indonesia secara keseluruhan,” ujar Fatar

General Manager PHKT, Raam Krisna menyampaikan, bahwa proyek ini sangat penting bagi PHKT karena akan mendukung pengadaan 80 persen gas di 2022 dan merupakan implementasi borderless antar anak perusahaan Pertamina Hulu Industri (PHI).

“PHKT optimis capai target produksi Migas 2022 dengan reaktivasi Sapi GHSF”, ujar Krisna.

Usai mengunjungi sumur Sapi Gas Handling Surface Facility, rombongan juga mengunjungi Rig Raisis yang akan melakukan tajak sumur pengeboran pengembangan TN-AA322/323 di area operasi PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM).

Kemudian lanjut melakukan Kunjungan Kerja ke Rig Hakuryu-14 yang sedang melakukan pengeboran eksplorasi sumur Manpatu-1X (MPT-1X juga merupakan  di area operasi PHM.

Fatar menyampaikan apresiasi atas upaya yang dilakukan oleh PHM, baik dari segi capaian lifting migas yang mencapai diatas 100%, pemenuhan komitmen pengeboran pengembangan & eksplorasi yang discovery “big fish” di awal tahun 2022

Baca juga ini :  7 Ribu Hektar Perairan Laut Balikpapan dan PPU Terdampak Minyak yang Tercecer

General Manager PHM, Agus Amperianto menyampaikan terima kasih atas dukungan SKK Migas dalam pencapaian PHM di tahun 2021. Dia optimis 2022 ini akan memberikan kontribusi yang lebih baik.

Kepala SKK Migas Perwakilan Kalsul, Azhari Idris menuturkan,  penemuan pertama sumur tahun 2022 berasal dari wilayah Perwakilan Kalsul yaitu sumur eksplorasi MPT-1X di Wilayah Kerja (WK) Mahakam PHM.

“Semangat baru dari Mahakam melalui new discovery PHM. “Hope for the best sebagai hadiah tahun baru 2022” ujar Azhari.

Pada tahun 2021, capaian lifting Migas KKKS Kalsul secara keseluruhan untuk minyak mencapai 73.933 BOPD (per 31 Des 2021) atau 99,9% dari target APBN sebesar 74.015 BOPD dan gas sebesar 1.666 MMSCFD (per 30 Nov 2021) atau 106% dari target APBN sebesar 1.570 MMSCFD.

“Dengan rencana pengeboran yang lebih massif, kami optimis di tahun ini target lifting migas KKKS di wilayah Kalsul dapat dicapai. Kita semua berharap tahun ini secara nasional bisa turn over dari menurunnya produksi migas menjadi tren meningkat secara berkelanjutan sampai tercapainya target 1 juta BOPD dan 12 BSCFD di tahun 2030,” tambah Azhari.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.