Sudirman Djayaleksana saat merapikan Taman Bekapai

Taman Bekapai Balikpapan Dibenahi, Bakal Dipercantik

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Setelah sempat tak terurus, Taman Bekapai yang terletak di jantung Kota Balikpapan dibenahi. Taman tersebut kini mulai dibersihkan dengan memotong batang pohon yang menutupi taman.

Sejak Sabtu (05/02/2022), kemarin, Taman Bekapai yang tepat berada di depan Kantor PLN tersebut, mulai dibersihkan. Puluhan petugas taman dikerahkan untuk membersihkan.

“Dari kemarin 80-an petugas, hari ini kita bagi lagi ada sekitar 50-an petugas,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana kepada inibalikpapan.com.

Banyak kerusakan setelah tak terurus. Bahkan air mancur juga sudah lama tak bisa difungsikan karena rusak. Apalagi selama ini taman tersebut justru banyak digunakan untuk hal-hal negatif.

“Air mancur mau di hidupkan ulang, pipanya harus di instalasi ulang, saya cek sudah keropos. Mesinnya rusak, berarti kita harus beli mesin, perbaikkan air mancur,” katanya.

“Sempat disalahkan gunakan taman ini, hal-hal pekat (penyakit masyarakat). Ada warianya. Kemarin tuna wisma kita data ada empat orang. Beberapa tahun kan gak ada penjaga malamnya,” ujarnya.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Satpol PP agar rajin melakukan razia dan patroli. Sementara empat orang tuna wisma diserahkan ke Dinas Sosial agar tak kembali lagi ke Taman Bekapai.

“Kita pos keamanan kita hidupkan lagi. Nanti ada penjaga malamnya lagi. Kan beberapa tahun gak ada,” ucapnya.

Nantinya Taman bekapai tersebut akan dipercantik dengan lampu-lampu hias. Termasuk air mancur akan di hidupkan kembali. Hanya saja harus menunggu anggaran yang tidak sedikit.

“Rencananya penerangannya mau kita maksimalkan supaya gak disalahgunakan lagi. Kita bikin terbuka, kan taman-taman sekarang (dipercantik) diberi pencahayaan  lampu-lampu hias,” terang mantan Kadishub ini.

Rencananya anggaran akan diajukan ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Jika tidak akan menunggu APBD Perubahan 2022 sehingga bisa segera dikerjakan.

Baca juga ini :  Update 22 Juni 2020 : Bertambah 1 Kasus Positif Civid-19 di Kaltim, 1 Kasus Sembuh

“Nanti kita coba usulkan ke Bappeda melalui pergeseran anggaran atau dalam APBD Perubahan nanti untuk perbaikkan yang rusak-rusak. Taman kan baru diserahkan ke DLH,” ujarnya.

Selama pembenahan taman Bekapai sementara ini ditutup untuk umum. Pihak DLH telah memasang pengumuman penutupan taman.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.